AP II Operasikan Runway 3 Bandara Soetta Sepenuhnya

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin
Sumber :

VIVA – Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang akhirnya dioperasikan secara menyeluruh per hari ini, Jumat, 20 Desember 2019. Meskipun diketahui, landasan pacu yang memiliki panjang 3.600 meter tersebut belum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, meski belum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, landasan tersebut telah memenuhi tiga aspek utama yang menjadikan faktor PT Angkasa Pura II, serta beberapa sektor terkait di bandar udara, menetapkan pengoperasian secara menyeluruh hari ini.

"Beroperasinya runway 3 ini setelah memenuhi tiga faktor, yakni infrastruktur yang sudah siap seratus persen, baik itu sarana pendukungnya seperti east cross dan taxiway. Kemudian, regulasi atau dokumen serta, sumber daya manusia yang mencukupi baik itu kualitas, kuantitas sesuai dengan SOP," katanya di Gedung Jakarta Air Traffic Service Center Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dirincinya, untuk regulasi pihaknya memiliki aturan yang sangat ketat, salah satunya harus memenuhi aspek 3S1C, yaitu safety, security, services, dan compliants.

Direktur Utama Airnav Indonesia, Novie Riyanto menjelaskan, ada sejumlah faktor penting yang menjadi perhatian pihaknya dalam pengoperasian runway tiga. 

"Ada beberapa hal yang jadi perhatian kami akan beroperasinya runway tiga, berikut dengan east cross, dan juga taxiway yang tentunya mengutamakan keselamatan penerbangan, salah satunya seperti mengetahui posisi pesawat," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam pengoperasian secara penuh itu, runway 3 telah melayani 64 movement atau pergerakan pesawat, yang mana dalam kapasitas penuh, landasan pacu tersebut mampu melayani 114 pergerakan pesawat.