Beroperasi Hari Ini, Pedagang di PGC Cililitan Jalani Pemeriksaan

Antrean pedagang di PGC sebelum masuk
Sumber :
  • VIVAnews/Kenny Putra

VIVA – Sebanyak 80 mal di wilayah DKI Jakarta dijadwalkan kembali beroperasi pada hari ini, 15 Juni 2020. Setiap mal yang akan beroperasi telah mempersiapkan protokol kesehatan sesuai dengan Pergub DKI Jakarta nomor 51 Tahun 2020. Pusat Grosir Cililitan (PGC) di Jakarta Timur contohnya, setiap karyawan toko yang masuk ke dalam mal harus melalui serangkaian pemeriksaan.

Pemeriksaan yang dilakukan terhadap para karyawan toko terlebih dahulu diperiksa suhu tubuh dan disemprot cairan disinfektan di pintu masuk karyawan. Selain itu, para karyawan juga diminta untuk mengisi formulir kesehatan yang disediakan oleh pengelola dan petugas kesehatan.

"Tadi kita di minta untuk isi data, terus di cek suhu dan disemprot disinfektan. Isi data nya tentang nama toko, usia, ada juga selama dirumahkan kita kemana saja," ujar Eva, salah satu karyawan toko di PGC, Senin 15 Juni 2020.

Baca juga: Mal di Makassar Diminta Tak Layani Pengunjung Abai Protokol Kesehatan

Terlihat antrean panjang para karyawan toko sebelum menjalani pemeriksaan oleh pihak pengelola dan petugas kesehatan. Selain itu di bagian lobi Pusat Grosir Cililitan, disediakan juga ruangan posko penanganan Covid 19. 

Menurut pihak pengelola, posko penanganan Covid 19 akan ditempati oleh satgas yang akan memantau pengunjung dan menindak sesuai dengan Pergub DKI Jakarta nomor 51 tahun 2020.

"Kami sudah menyiapkan seluruhnya secara matang baik SOP, protap, Tim GugusTugas kemudian equipment di lapangan. Seluruh hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19. Di depan sudah ada posko gugus tugas. Masker itu wajib. Kita siapkan counter masker dengan harga yang tentunya terjangkau," ujar Akub Sudarsa.

Akub juga menjelaskan, hingga saat ini baru ada 40 persen pedagang toko yang sudah mengkonfirmasi kepada pengelola untuk buka hari ini. Di bagian food court PGC, semua restoran sudah beroperasi sejak hari ini.

"Kurang lebih ada konfirmasi di atas 40 persen sudah bisa buka. Sementara itu, restoran di food court sudah mulai buka dengan kapasitas sitting area 50 persen. Kursi dan meja yang digunakan juga kita batasi untuk 50 persen. Kita tarik kursi separuhnya. Yang mejanya tandem kita ambil kursinya saja. Dari 4 jadi 2," tambah Akub.

Selain itu, Akub berharap dengan dibatasinga jumlah pengunjung menjadi 50 persen nantinya yang datang ke PGC benar-benar untuk berbelanja, bukan hanya sekedar melihat-lihat. Dari jumlah pengunjung PGC yang sebelumnya bisa mencapai 100 ribu orang kini hanya dibatasi hingga 50 ribu.