Tembakan Mantan Kapolda, 11 Orang Jadi Saksi

Mantan Kapolda Metro Jaya Mohammad Sofyan Yacob
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya telah memeriksa 11 orang saksi terkait dengan kasus umbar tembakan yang diduga dilakukan oleh mantan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal (Purn) Sofyan Jacob kepada petugas keamanaan perumahaan Taman Resor Mediterania, Jakarta Utara.

"11 orang saksi terdiri dari warga dan petugas keamanan perumahan terkait laporan atas Pak SJ di Polda Metro Jaya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, Rabu 21 Desember 2011.

Baharudin mengatakan, penyidikan terhadap kasus tersebut terus dilanjutkan. Polda, juga sudah menarik laporan Sofyan Jacob di Polsek Penjaringan terkait dengan kasus yang berbeda.

Hal itu ditempuh untuk mempermudah penyelidikan, karena laporan yang diserahkan ke Polsek Penjaringan menjadi latar belakang dari laporan yang dimiliki Polda Metro Jaya.

Meski sudah memeriksa 11 saksi, Polda belum memeriksa Sofyan sebagai pihak terlapor. "Pemeriksaan Sofjan, dilakukan jika diperlukan penyidik," kata dia.

Sebelumnya, Mantan Kapolda Metro Jaya, Muhammad Sofyan Jacob mengaku jika kasusnya sarat dengan rekayasa. Karena itu, dia minta dibuktikan atas tuduhan itu.

"Saya dilaporkan ke Polda (Metro Jaya) bilang saya buang tembakan, umbar tembakan, dengan bukti selongsong peluru. Dari mana selongsong peluru itu, (jatuh) dari langit apa. Ini semua rekayasa," katanya, saat ditemui VIVAnews.com.

Sofyan mengaku tidak pernah membawa senjata api. Ada saksi yang melihat, saat dia akan bermain tenis meja di gedung olah raga Kompleks Resor Mediterania, Jakarta Utara. (eh)