Dinkes Panggil 4 Rumah Sakit yang Tolak Pasien KJS

Kartu Jakarta Sehat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan memanggil empat rumah sakit yang menolak , pasien pengguna Kartu Jakarta Sehat. Warga Jalan Inspeksi Kali Cakung Lama, RT 02/10, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, itu diduga keracunan makanan dan telat ditangani secara medis hingga akhirnya tewas.

Empat rumah sakit yang diduga menolak korban yaitu RS Islam Sukapura, RSUD Koja, dan RS Pelabuhan karena alasan kamar penuh, dan RS Mulyasari karena alasan tidak menerima pasien KJS. Rencananya pemanggilan dilakukan hari ini, Senin, 11 Maret 2013.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, mengatakan instansinya telah mengecek ke masing-masing rumah sakit terkait. Keempat rumah sakit tersebut akan dikumpulkan bersama dengan Kementerian Kesehatan dan pihak dari Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Selain mendengar keterangan dari pihak rumah sakit, Dinkes juga mencari informasi dari keluarga korban. "Kemarin malam saya juga sudah minta staf saya ke rumah duka untuk mencari informasi," kata Dien.

Tapi dia belum mau membeberkan informasi yang telah didapat di lapangan. Sebab masih akan dilakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk mencari informasi yang benar.

Ana bukan pertama kalinya pasien KJS yang meninggal. Beberapa waktu lalu, ada kisah tragis bayi Dera Nur Anggraini, yang meninggal akibat tidak tertampung di rumah sakit karena ruang  intensif khusus bayi penuh. Tidak hanya ruang NICU yang penuh, ruang perawatan Intensive Care Unit (ICU) juga ikut penuh. (eh)