Daftar Daerah yang Berpotensi Kebakaran Lahan dan Hutan

Ilustrasi petugas memadamkan kebakaran hutan dan lahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah mendata beberapa wilayah yang mengalami peningkatan potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan dalam lima hari ke depan 9-12 September 2019.

Daerah itu di antaranya, Sumatera Utara bagian selatan, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Untuk itu, Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Mulyono R. Prabowo, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap tingginya polusi udara, radiasi matahari yang cukup terik, dan potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan.

"Selain itu masyarakat juga diharap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti kekeringan," kata Mulyono di Jakarta, Senin, 9 September 2019.

Sejauh ini, pantauan asap lintas batas tidak terdeteksi sebaran asap dari wilayah Sumatera ke Semenanjung Malaysia.

"Tidak seperti yang diberitakan oleh beberapa media asing sebelumnya. Berdasarkan pantauan dan analisa data satelit, tidak ada sebaran asap yang terdeteksi di Sumatera yang melintas ke Semenanjung Malaysia," katanya.

Tak hanya soal itu, BMKG juga telah memprediksi beberapa daerah di Indonesia yang saat ini peluang terjadinya hujan.

Di antaranya, wilayah Sumatera, termasuk di Riau. Dalam tiga hari ke depan diprakirakan akan terjadi hujan di Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Papua dengan intensitas ringan hingga sedang. [mus]