Lawan Corona, Sandiaga: Ekonomi Masyarakat Juga Prioritas Penyelamatan

Sandiaga Salahudin Uno memberikan bantuan sosial kepada sejumlah warga di kawasan Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, pada Selasa, 16 Juni 2020.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Pengusaha yang juga politikus Partai Gerindra, Sandiaga Salahudin Uno menyebut dia bersama relawan yang didirikannya yakni Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 (RIB) telah memetakan daerah yang belum dapat bantuan pemerintah selama pandemi virus corona.

Sandiaga berpesan kepada masyarakat untuk terus disiplin menjaga kesehatan dan mematuhi aturan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, kerja sama antara masyarakat dan pemerintah serta para relawan akan membuat wabah Covid-19 bisa segera teratasi. 

“Jadi kami berkolaborasi dengan para relawan untuk memetakan daerah-daerah yang perlu disentuh dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah sehingga tidak terjadinya tumpang tindih,” ujar dia kepada wartawan, Selasa 16 Juni 2020.

Berdasar data relawannya, selama ini ada sebanyak 15-20 persen warga yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Menurutnya bantuan ini adalah bentuk koordinasi dari pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, serta dunia usaha dalam memberikan jaring pengaman sosial kepada warga yang belum tersentuh. 

"Selain melakukan rapid test, tracing dan threating, kami juga melakukan gerakan membantu ekonomi keluarga. Ini yang paling ditunggu, karena sekarang ini setelah tiga bulan melawan Covid-19, keadaan ekonomi masyarakat harus menjadi prioritas dari penyelamatan wabah ini,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya juga akan terus memberikan bantuan kepada keluarga yang penghasilannya menurun dan mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi ini. Sejauh ini sudah membagikan lebih dari 50.000 paket sembako serta 2,5 juta masker dari 10 juta masker yang tersedia.

Pihaknya akan terus turun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 sehingga bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran.

"Para warga ini terbantu dengan adanya paket bantuan ini. Para warga ini mengalami tekanan dari segi penghasilan dan kehilangan pekerjaan maupun biaya hidup yang semakin meningkat. Saya sangat berterimakasih kepada para relawan yang ikut memetakan para masyarakat ini terbantukan dengan paket sembako yang Insya Allah meringankan beban hidup dan penghasilan mereka sedikit terganggu karena adanya Covid-19," katanya.