19 Bandara Canangkan Perjalanan Aman Hadapi COVID-19

Penyemprotan di bandara
Sumber :
  • Angkasa Pura II

VIVA –  PT Angkasa Pura II bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencanangkan “Safe Travel Campaign: Safe Airport for Safe Travel Experience” di 19 bandara. Kegiatan ini berlangsung mulai Rabu 29 Juli 2020 hingga 4 September 2020, sekaligus menjadi deklarasi seluruh stakeholder menjaga bandara AP II siap dalam menghadapi tantangan COVID-19.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, secara simbolis meluncurkan Safe Travel Campaign secara online pada Rabu 29 Juli 2020. 

Safe Travel Campaign bertujuan mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi new normal, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan traveller untuk bepergian dengan pesawat,” kata Awaluddin dalam sambutannya.

Guna mencapai tujuan-tujuan tersebut, protokol kesehatan di bandara AP II fokus pada lima inisiatif. Kelima inisiatif itu adalah physical distancing, health screening, touchless processing, facility cleanliness and sanitizing, dan people protection. Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kepercayaan publik.

“Melalui protokol kesehatan, diikuti dengan kolaborasi erat stakeholder, serta tersedianya berbagai fasilitas teknologi digital, hingga tersebarnya fasilitas yang mendukung aspek kesehatan di bandara, kami ingin memastikan perjalanan dengan pesawat itu mudah, praktis, nyaman dengan tetap aman, di tengah status pandemi agar stabilitas perekonomian tetap berlangsung baik,” tuturnya.

Awaluddin mengatakan, Safe Travel Campaign yang dicanangkan itu merupakan salah satu upaya menjaga kepercayaan dari regulator menyusul kemudahan regulasi yang telah diberikan. 

Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Herson, menambahkan, regulator telah menetapkan protokol untuk mencegah penyebaran COVID-19 di sektor penerbangan. “Protokol itu harus dipenuhi oleh setiap stakeholder agar penerbangan dapat tetap aman dan mencegah penyebaran COVID-19,” ujar dia. 

Beri kepercayaan ke traveller

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA), Denon B. Prawiraatmadja, mengatakan, sektor penerbangan perlu memberikan kepercayaan kepada traveller mengenai amannya penerbangan melalui berbagai protokol pencegahan COVID-19. 

“Kami mendukung Safe Travel Campaign yang dicanangkan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II. Hal ini sejalan dengan upaya sektor penerbangan kembali bangkit agar dapat semakin optimal menjadi penggerak pemulihan perekonomian nasional,” ujar Denon. 

Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, Muhamad Wasid, menuturkan, penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area bandara mulai dari area keberangkatan (security check point, check-in area, boarding lounge, dan garbarata), lalu area kedatangan (baggage claim, lobi kedatangan, dan curbside), kemudian area moda transportasi darat, serta fasilitas lain seperti ATM center, trolly, escalator/travellator, kargo, dan pembersihan jalan menggunakan mobil damkar.

“Secara simbolis dalam rangka pencanangan Safe Travel Campaign, dilakukan penyemprotan disinfektan di 19 bandara. Setiap harinya sejak beberapa bulan lalu kami sudah melakukan penyemprotan disinfektan di area-area tersebut dan akan terus berlanjut,” ujar dia. (art)