Detik-detik Proklamasi, Aktivitas Bandara Soetta Berhenti 3 Menit

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta berhenti sejenak jelang HUT RI
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pemandangan yang berbeda terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, setelah seluruh penumpang hingga petugas bandar udara menghentikan aktivitasnya sejenak, untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam upacara pengibaran bendera merah putih HUT RI ke-75.

Dimana, pada pukul 10.17 WIB, pihak pengelola lebih dulu membunyikan sirine yang dilanjutkan dengan imbauan agar seluruh penumpang dan petugas di Bandara Soetta untuk bisa berdiri dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya.

"Betul, sesuai imbauan kita minta agar seluruh petugas dan penumpang menghentikan kegiatan sejenak, dan diharapkan berdiri sempurna untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya," kata Senior Manager Branch Communications and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, Senin, 17 Agustus 2020.

Dalam kegiatan ini, pihak PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soetta pun melakukan koordinasi agar, penerbangan pun bisa menyesuaikan dengan kegiatan tersebut.

"Semuanya diberlakukan untuk berhenti sebentar, kita koordinasi dengan ATC, di mana kalau memang bisa ada yang ikut imbauan itu, ya disesuaikan. Tapi, kalau memang sifatnya urgent ya tidak usah dan masuk dalam pengecualian," ujarnya.

Untuk diketahui, imbauan itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika. Di mana dalam surat edaran diminta masyarakat untuk menghentikan aktivitasnya pada pukul 10.17 sampai 10.20 WIB.