Zona Merah Corona RI Kian Menyusut, Mari Lihat Statistiknya

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Satuan Tugas COVID-19 menyampaikan kabar baik hari ini. Disebutkan, 70 daerah terdiri dari kabupaten/kota yang sebelumnya zona merah telah memperbaiki keadaan daerahnya. Satgas meminta daerah yang sudah menurunkan status kesehatan di wilayahnya agar dapat menekan angka penularan virus.

"Ini adalah kabar baik. Artinya di Indonesia jumlah zona merahnya turun dari 70 menjadi 41 kabupaten/kota," kata Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito, Selasa, 15 September 2020.

Wiku mengatakan juga, sebanyak 34 kabupaten/kota turun statusnya dari zona merah menjadi zona oranye. Jumlah ini menambah daftar jumlah daerah dengan status zona oranye yang berarti wilayah tersebut berdekatan dengan zona merah atau berisiko tinggi. Sebanyak 293 daerah dengan zona oranye Corona.

Baca juga: Calon Wakil Bupati Barru Andi Mirza Positif Narkoba, Gugur ke Pilkada

"Mohon untuk betul-betul dapat memperhatikan agar pengendalian kasusnya dapat ditingkatkan, terutama dari protokol kesehatan yang dijalankan oleh masyarakatnya agar zonanya menjadi zona ringan atau rendah risiko rendah," katanya.

Sementara itu, Wiku juga menyampaikan selama sepekan belakangan, secara nasional tercatat kasus positif Corona COVID-19 naik 10,4 persen. Dari persentase tersebut, Aceh mencatat kenaikan cukup signifikan yakni 69,3 persen dari 423 menjadi 716 kasus diikuti Jawa Tengah, Riau, Jawa Barat dan DKI Jakarta.