Senam Corona: Cara Unik Warga di Malang Ingatkan Disiplin Pakai Masker

Sejumlah warga Kampung Putih di kota Malang, Jawa Timur, melakukan senam corona sebagai bagian dari upaya sosialisasi disiplin mempraktikkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.
Sumber :
  • Dokumentasi warga Kampung Putih

VIVA – Berada di belakang Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur, membuat warga Jalan Jaksa Agung Suprapto, RW 06 Klojen alias Kampung Putih, rajin melakukan sosialisasi 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 rutin disosialisasikan untuk mengantisipasi penularan virus itu. Mereka juga melakukan gaya hidup sehat dengan melakukan senam di setiap Minggu pagi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Untuk menambah semangat warga, mereka memberi nama senam Corona.

"Dengan bergerak, tubuh bisa jadi lebih sehat dan insya Allah menjaga diri dari virus ini. Jadi, kita harus terus olahraga. Karena dengan terus bergerak, diharapkan bisa terbentuk daya tahan tubuh yang kuat," kata Ketua RW 06 Kampung Putih, Ireng Sugiri.

Baca: Jatim Bebas Zona Merah COVID-19, Khofifah Tak Kendor Operasi Yustisi

Menurutnya, pola hidup sehat menjadi penting di tengah situasi pandemi COVID-19, selain membatasi kunjungan orang luar untuk masuk ke kampung itu. Data yang dicatat warga, di Kampung Putih sejauh ini terdapat lima orang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah itu dua berhasil sembuh dan dua warga meninggal dunia.

Kampung Putih berdempetan persis atau terletak di samping RSSA Kota Malang. Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah milik Pemprov Jatim itu menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Jawa Timur. Untuk itu, warga kampung memiliki inisiatif untuk menggalakkan pola hidup sehat terutama berkaitan dengan 3M.

"Kita kan dekat dengan RSSA, makanya, kita terus sosialisasikan program 3 M. Meski memang menumbuhkan kesadaran ini agak sulit, tetap harus dilakukan; tidak boleh bosan. Semua demi keselamatan warga sendiri," ujar Ireng.

Untuk itu, masyarakat jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#IngatPesanIbu
#CegahCovid19
#MemakaiMasker
#MenjagaJarak
#MencuciTanganPakaiSabun
#satgascovid19