Alasan BNPB Bagikan Masker di Acara Pernikahan Putri Habib Rizieq

Kapala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan puluhan ribu masker kepada Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab dipertanyakan sejumlah masyarakat. Sebab banyak masyarakat menilai langkah ini seakan mendukung kegiatan tersebut.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB, Doni Monardo, mengatakan saat sebelum acara, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI dan meminta agar acara tersebut tidak diselenggarakan. Namun upaya tersebut tidak dihiraukan dan acara tetap dilaksanakan.

"Gubernur telah menyampaikan imbauan secara lisan, diikuti oleh imbauan secara tertulis dan tadi malam tim Satpol PP pun telah menggelar lebih dari 200 personel untuk melihat kondisi yang ada di lapangan. Sehingga tadi pagi tim gabungan satpol PP mengambil keputusan terjadi pelanggaran terhadap protokol kesehatan," kata Doni, di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Minggu, 15 November 2020.

Baca juga: BBM Premium Dihapus Awal 2021? Ini Penjelasan Pertamina

Karena protokol kesehatan tak diindahkan, kata Doni, langkah terakhir untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan membagikan masker. Satgas Penanganan COVID-19 telah melakupaya paling maksimal menekan angkat penularan COVID-19.

Doni menegaskan, pemberian masker bukanlah ypaya mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh HRS dan FPI. Namun pemberian masker adalah upaya terakhir untuk menjaga masyarakat setelah imbauan lisan dan tertulis diabaikan. 

"Sehingga jalan terakhir adalah memberikan masker semata-mata adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat yang hadir agar tidak terpapar. Pemberian masker ini bukanlah bagian dari upaya mendukung acara. Dari awal kami selalu koordinasi dengan pemda DKI baik kepada Wakil Gubernur maupun Gubernur serta para pejabat dinas terkait," ujar Doni.

Satgas Penanganan COVID-19 BNPB memberikan puluhan ribu masker kepada Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab. Saat menyerahkan masker ini, BNPB juga sekaligus memberikan imbauan untuk menaati protokol kesehatan dalam melaksanakan kedua acara tersebut.