Antisipasi Penyebaran COVID-19, Polisi di Medan Cuci Hidung Tahanan

Ilustrasi penjara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA - Polsek Medan Baru Polrestabes Medan bersama Puskesmas Bestari melakukan cuci hidung (nasal washing) para tahanan sebagai langkah mengantisipasi penyebaran COVID-19 di dalam sel, Kamis, 12 Agustus 2021.

"Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tahanan agar terhindar dari penyakit selama menjalani masa tahanan," kata Plt Kapolsek Medan Baru AKP Ully Lubis.

Ia menyebutkan apalagi dalam situasi pandemi COVID-19 para tahanan yang berada di dalam sel kerap tidak menjaga jarak sehingga virus dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Oleh karena itu, diperlukan tindakan cuci hidung terhadap para tahanan.

"Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para tahanan yang ada di dalam sel dapat sehat selalu dan terhindar dari virus COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19, Napi di Tangerang Menangis Ketakutan

Sementara itu, kegiatan cuci hidung tersebut, diawali tahanan terlebih dahulu diborgol oleh petugas kepolisian, dan diberikan sarung tangan serta menggunakan masker.

Kemudian, petugas puskesmas memberikan spuit atau alat suntik berisi cairan Nacl 0,9 persen lalu dimasukkan ke dalam hidung tahanan. (Ant)