Bupati Puncak Jaya Didatangi OPM

Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Lukas Enembe
Sumber :
  • Antara/ Marcelinus Kelen

VIVAnews - Bupati Kabupaten Puncak Jaya Lukas Enembe didatangi seseorang yang mengaku sebagai Wakil Komandan Operasi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Pria bernama Rambo Wonda itu menyerahkan surat yang berisi bertanggungjawab atas perampasan senjata dan penembakan yang menewaskan Kapolsek Puncak Jaya, Papua, Ajun Komisaris Polisi Dominggus Oktavianus Awes di Bandara Mulia pada Senin 24 Oktober 2011 lalu.

"Saya terima surat itu dari seseorang yang mengakui sebagai Wakil Komandan Operasi OPM bernama Rambo Wonda," kata Lukas Enembe ketika dihubungi telepon selular, Sabtu 29 Oktober.

Lukas Enembe didatangi perwakilan OPM itu pada Jumat kemarin 28 Oktober 2011 di kediamannya, Kota Baru Mulia, Puncak Jaya. Dalam surat disebutkan, kelompok ini menamakan dirinya 'Kodam X'.

Berikut isi surat itu:
"Kami sampaikan kepada Bapak Bupati Puncak Jaya, bahwa yang bertanggung jawab atas perampasan senjata dan penembakan Kapolsek di Bandara Mulia adalah Kodam X di bawah komandan Purom alias Okinak Wonda. Kalau bapak-bapak TNI dan Polisi mau cari kami, silahkan datang ke Kampung Pilia, kami siap menunggu. Jangan melakukan operasi di Ligitime sampai Girimuli. Kalau mau operasi silahkan kirimkan orang nonPapua."

Kemarin, Kapolres Puncak Jaya AKBP Alex Korwa juga mengaku mendapat surat yang sama. Tetapi, Alex tidak mempercayai isi surat itu. "Tapi saya tidak mempercayainya," tegas Kapolres Puncak Jaya AKBP Alex Korwa, Kamis 27 Oktober 2011.

Laporan: Banjir Ambarita l Papua