Raja Salman Diagendakan Bertemu Tokoh-tokoh Agama

Persiapan Indonesia menjelang kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud dan delegasi ke Indonesia, juga direncanakan bertemu dengan sejumlah organisasi masyarakat alias ormas.

Hal itu diakui Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin malam, 27 Februari 2017.

"Ada pertemuan penting, raja bertemu secara khusus dengan tokoh-tokoh agama, sedang dipersiapkan dengan tokoh agama lain, ini kita upayakan agar bisa diwujudkan," kata Lukman.

Dari unsur mana saja tokoh agama itu, ia mengaku masih didalami oleh pemerintah. "Dengan upaya kita memiliki persepsi sama mengurangi ekstremisme, bagaimana moderasi kita kedepankan sehingga agama betul-betul kita rasakan manfaat sisi sisi positif dalam menata peradaban dunia," ujar Lukman.

Dengan begitu, agama tidak justru dijadikan alat politisasi, yang menurut Lukman dijadikan untuk tujuan pragmatisme kelompok tertentu saja. "Ini sedang kita siapkan, tempatnya juga kita siapkan dalam tahap persiapan. Raja ini kan banyak agendanya," katanya. (art)