Keluarga Gus Dur Jaga Jarak dengan Cagub Jatim

Yenny Zannuba Wahid
Sumber :
  • ANTARA/Saptono

VIVA – Direktur Eksekutif The Wahid Institute yang juga anak dari almarhum Gus Dur, Yenny Wahid, menegaskan bahwa keluarga Gus Dur akan menjaga jarak dengan para calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Sebab, dari dua calon gubernur yang bertarung yakni, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa, adalah tokoh Nahdlatul Ulama. 

"Untuk Pilgub Jatim, saya dan keluarga Gus Dur mengambil jarak dengan seluruh kandidat karena yang bersaing ini tokoh-tokoh utama NU. Jadi dampaknya ke NU dan perlu ada pihak yang bisa mendamaikan masyarakat, jika konfliknya terlalu tajam. Kami mengambil peran di situ," kata Yenny, Selasa, 6 Februari 2018.

Yenny mengatakan, keluarga Gus Dur saat ini tidak ingin masuk ke dalam politik praktis. Namun lebih pada politik kebangsaan. 

"Jadi bergerak dalam tataran nilai. Tentu yang kami advokasi dan bila memungkinkan, dan sebetulnya sudah sepaham, adalah calon-calon yang diusung PDIP, calon-calon yang memang memperjuangkan nilai toleransi dan memperjuangkan masyarakat serta punya kepedulian dengan masyarakat kecil. Tampaknya sudah selaras," kata Yenny.

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul adalah putra dari pasangan Ahmad Yusuf Cholil dan Sholichah Hasbulloh yang pada awalnya bercita-cita ingin jadi guru madrasah. Gus Ipul menempuh pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang dan SMP Islam Pasuruan. 

Setelah lulus dari SMA, pamannya, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, menganjurkan Gus Ipul untuk berkuliah di Jakarta. Selain menjabat Wakil Gubernur Jatim saat ini, Gus Ipul merupakan mantan anggota DPR RI. Dia juga pernah menjabat posisi strategis di organisasi NU. Baca profil selengkapnya di sini.

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Khofifah adalah tokoh wanita Nahdlatul Ulama. Saat ini dia menjabat Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) periode 2016-2021. Sudah empat periode dia menjabat pimpinan tertinggi Muslimat NU. 

Khofifah mundur dari kursi Menteri Sosial kabinet Jokowi-JK, untuk kembali maju dalam Pilkada Jawa Timur. Sejak muda, Khofifah sudah berkiprah di organisasi NU. Baca profil selengkapnya di sini.

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.