Ma'ruf Amin Ajak Santri Bermimpi Tinggi Biar Bisa Seperti Gus Dur

Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kalangan santri terus berpikir progresif untuk menggapai cita-citanya. Ma'ruf mencontohkan dirinya yang berlatarbelakang santri namun bisa mengecap pengalaman pemerintahan hingga legislatif.

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat menghadiri halaqah kebangsaan dan doa bersama untuk korban gempa Sulawesi Tengah di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat.

"Santri bisa jadi apa saja, menteri, gubernur, wakil presiden dan bisa jadi presiden," kata Ma'ruf, Rabu, 3 Oktober 2018.

Ma'ruf memberi contoh salah satu santri yang sukses duduk hingga kursi nomor satu di pemerintahan. Dia menyebut Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan santri tapi punya pengalaman menjadi Presiden RI ke-4.

Ia menegaskan, santri harus terus berpikir optimis, bukan pesimis.

"Gus Dur santri bukan. Santri. Bisa jadi presiden. Saya santri, calon wakil presiden. Karena itu saya harap nanti ke depan santri-santri akan menyusul untuk menjadi wakil presiden atau presiden," ujar Ma'ruf disambut tepuk tangan ratusan santri yang hadir.

Kemudian, Ma'ruf bilang, salah satu kunci merealisasikan mimpi dengan menimba ilmu setinggi-tingginya.

Lewat pendidikan, tercipta sumber daya manusia berkualitas yang bisa mengentaskan kemisikinan dan ketimpangan ekonomi antara si kaya dan si miskin.

"Makanya kita siapkan pendidikan dan tenaganya. Wajib. Maka, membangun lembaga pendidikannya di lingkungan kita juga wajib," kata dia