Kesalahan Wanda Hamidah Sehingga Dipecat PAN

Wanda Hamidah Memberi Keterangan di DPP PAN
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Teguh Juwarno, membeberkan alasan pemecatan Wanda Hamidah sebagai kader PAN.

Menurutnya, sebagai seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Wanda sudah melanggar tata tertib partai yang memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di pemilihan presiden 2014 lalu.

"Dia sebagai anggota dewan yang mewakili partai di DPRD DKI tidak menjalankan keputusan partai," ujar Teguh di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 16 September 2014.

Teguh menjelaskan, di internal partai sudah ada aturan pemberian sanksi untuk kader yang berseberangan dengan keputusan rapat kerja nasional. Sanksi itu mulai dari yang ringan hingga pemecatan.

"Saya yakin Wanda tahu konsekuensinya. Apalagi Wanda adalah figur anggota dewan yang mewakili partai di parlemen, tentu keputusan itu mengikat dirinya juga," kata dia.

Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat itu menyayangkan langkah yang dipilih Wanda mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Tentu saja (menyayangkan sikap Wanda). Artinya kan dalam memperjuangkan gagasan memang membutuhkan kesabaran, dan itu ujian bagi kita apakah bisa memperjuangkan gagasan kita dengan cara-cara terhormat," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, dalam akun Twitter @wanda_hamidah, Wanda mengunggah foto surat keputusan pemberhentian tetap sebagai kader PAN. Dalam surat nomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/061/VIII/2014 alasan pemberhentian Wanda lantaran dianggap terbukti mendukung dan melakukan kampanye kepada calon presiden dan calon wakil presiden bukan hasil keputusan Rakernas PAN 2014.

Baca juga berita menarik lainnya: