Diuji Coba Jokowi Awal September, KAI: Kereta Cepat Mulai Operasi 1 Oktober 2023

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung
Sumber :
  • Antara

Jakarta - PT KAI (Persero) mengatakan bahwa Presiden Jokowi rencananya akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pada tanggal 1 September 2023 mendatang.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, apabila tidak ada perubahan, nantinya kereta cepat Jakarta-Bandung itu bakal mulai dioperasikan pada awal Oktober 2023.

"Pak Jokowi akan mencoba kereta cepat ini tanggal 1 September. Harapannya, awal Oktober ini (kereta cepat) kita bisa mulai COD (Commercial Operation Date)," kata Didiek, dikutip Jumat, 11 Agustus 2023.

Karenanya, Didik pun berharap dukungan masyarakat agar operasional uji coba kereta cepat ini bisa berjalan dengan lancar.

Kereta cepat (viva.co.id)

Photo :
  • vstory

"Mohon doanya agar nanti proses trial run operation-nya itu bisa berjalan lancar, sehingga nanti 1 Oktober diharapkan sudah bisa jalan," ujarnya.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa proses uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung bagi masyarakat, yang sedianya bakal dilakukan mulai 18 Agustus 2023, nyatanya harus kembali mundur ke awal September 2023 mendatang.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

Photo :
  • KCJB

"Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023," kata General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, saat dihubungi Viva Bisnis, Selasa, 8 Agustus 2023.

"Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta-Bandung tanpa dikenakan biaya," ujarnya.