Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

5 Tips Mendidik Anak di Zaman Modern dan Digital Saat Ini

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:32 WIB
Oleh :
Foto :
  • U-Report
tips parenting saat ini

VIVA – Dunia pendidikan masa kini di Indonesia semakin dinamis. Bagaimana tidak, kini sudah banyak perkembangan industri pendidikan.

Jika dahulu pendidikan hanya didapat lewat sekolah, membaca buku, dan pendidikan karakter di rumah juga tempat ibadah. Kini pendidikan bisa diakses di mana saja, dan kapan saja. Apalagi kalau bukan lewat teknologi bernama Internet.

Baca Juga

Yups, Internet memang kini semakin berkembang dan mulai masuk ke dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari perdagangan, bisnis, religi, bahkan hingga pendidikan. Dan fenomena ini bukan hanya dirasakan oleh Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia.

Kehadiran Internet yang semakin banyak digunakan dan bisa diakses dengan mudah menjadikan banyak orang bisa dengan mudah mencari informasi. Jika dulu mengakses ilmu dan pendidikan hanya melalui sekolah, kini hanya dengan menggunakan smartphone saja, seseorang bisa dengan mudah belajar. Menemukan apapun yang mereka cari hanya hanya dengan sapuan jari.

 
Internet seakan menjadi sebuah alat yang memudahkan semua orang, baik yang memiliki akses ke pendidikan maupun yang tidak. Semuanya bisa dilakukan hanya dalam genggaman tangan.

 
Tapi, seperti hal lainnya, Internet juga memiliki kekurangan. Sama seperti informasi pendidikan yang bisa dengan mudah diakses, Internet juga membuat orang bisa mudah mengakses informasi yang keliru.
Hal ini tentunya bisa sangat menyesatkan. Tujuan utama Internet untuk menyediakan ilmu dan akses pendidikan dimanfaatkan orang juga untuk meraup keuntungan. Menyebabkan hal-hal negatif juga bisa mudah diakses di Internet.

Mulai dari tindak kriminal, video kekerasan, ujaran kebencian, hoaks, berita bohong, sampai pornografi ada di Internet. Menjadikan Internet sebagai pedang bermata dua. Di satu sisinya menawarkan kebaikan, di sisi lainnya menyajikan keburukan.

Anak-anak biasanya menjadi korban dari Internet. Bagi mereka yang belum banyak mengerti, Internet menjadi tempat yang berbahaya. Salah-salah, satu dua kali klik, mereka bisa mengakses informasi yang tidak seharusnya mereka akses.

Nah, untuk mencegah anak-anak dari perilaku negatif, orang tua diharuskan untuk menjadi semakin awas akan Internet dan pendidikan anak di era kekinian seperti sekarang.

Maka dari itu, keluarga memiliki peran penting dalam pendidikan masa sekarang. Agar tidak menyesal di kemudian hari, berikut adalah tips mendidik anak di zaman modern dan digital saat ini.

1.Terbuka dan Bercerita
SHARING. Langkah utama yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah selalu terbuka. Dalam artian, selalu tanyakan apa yang anak pelajari, ilmu apa yang mereka dapatkan, pengalaman menyenangkan apa yang mereka alami hari ini. Jangan pernah lelah untuk menanyakan pertanyaan tersebut setiap hari.

Dengan menanyakan hal tersebut, kita menjadi tahu hal apa yang dipelajari oleh anak, bagaimana pemahaman anak terhadap sebuah informasi. Jika memang ada yang perlu informasi yang diluruskan, maka koreksilah informasi tersebut.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler