Piala AFF 2002: Ledakan Bambang Pamungkas

Eks bomber timnas Indonesia, Bambang Pamungkas
Sumber :
  • google

VIVA – Piala AFF 2002 menjadi momen paling berkesan bagi Bambang Pamungkas. Di Piala AFF edisi IV itu, Bepe mencuri perhatian dengan produktivitasnya yang luar biasa.

Status Bepe saat itu di Timnas Indonesia adalah pemain muda. Usianya masih 22 tahun, tapi tim lawan sudah memperhitungkannya sebagai striker paling menakutkan di skuat Timnas.

Benar saja, Bepe meledak dalam Piala AFF 2002. Aksi gila Bepe bersama Timnas dimulai saat tampil menghadapi Kamboja, 17 Desember 2002, di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam duel itu, dia mencetak hattrick dalam kemenangan 4-2 Indonesia atas Kamboja. Saat melawan Filipina, Bepe menampilkan aksi menawan lainnya. Dia mencetak quattrick ke gawang Filipina, saat Indonesia menang 13-1.

Di semifinal, Bepe menjadi penentu kemenangan atas Malaysia. Golnya di menit 75, membenamkan Malaysia dan mengantarkan Indonesia jumpa Thailand di final.

Pada partai final, Bepe sama sekali tak cetak gol ke gawang Thailand hingga pertandingan memasuki perpanjangan waktu dalam skor 2-2. Namun, dia berhasil menunaikan tugasnya sebagai eksekutor dalam adu penalti.

Sayangnya, dalam adu penalti, Indonesia harus kalah 2-4. Sebab, dua algojo Indonesia, Muhammad Sandy Firmansyah dan Bejo Sugiantoro, gagal. Hanya Bepe dan Imran Nahumarury yang mampu menjebol gawang Thailand di babak adu penalti.

Gagal mengantarkan Indonesia juara, Bepe mencetak prestasi dalam keikutsertaannya di Piala AFF untuk pertama kali. Dia menjadi top scorer dengan torehan 8 gol.

Tapi, bukan pria 38 tahun tersebut yang menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala AFF. Melainkan, legenda Singapura, Noh Alam Shah. Along (sapaannya) berhasil mencetak 11 gol dalam satu gelaran Piala AFF. Itu terjadi pada edisi 2007 silam. (one)

Lihat peta persaingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 pada JELANG LAGA di bawah ini: