Resmi Kompetisi Liga Prancis Dihentikan Karena Virus Corona

Duet bomber Paris Saint Germain (PSG), Neymar & Kylian Mbappe
Sumber :
  • twitter.com/ChampionsLeague/

VIVA – Kompetisi sepakbola di Prancis untuk musim 2019/2020 resmi berakhir. Hal itu setelah Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe mengumumkan, bahwa tidak ada acara olahraga setidaknya sampai September mendatang. 

Keputusan tersebut diambil karena adanya pandemi virus corona COVID19 yang tidak hanya melanda Prancis tapi seluruh dunia. Meski Prancis sudah tidak lagi memberlakukan social distancing, namun Philippe menyebutkan, acara olahraga dilarang dalam beberapa bulan ke depan. 

"Even olahraga besar tidak akan digelar setidaknya sampai September," kata Philippe dikutip dari ESPN. 

"Musim 2019/2020, terutama untuk sepakbola tidak bisa dilanjutkan," tambahnya. 

Keputusan tersebut mengakhiri harapan tim di Ligue 1 dan Ligue 2 untuk bisa kembali menggelar latihan pada Mei. Kemudian kompetisi akan berlanjut di Juni. 

Liga sepakbola profesional (LFP) dan federasi sepakbola Prancis (FFF) akan menggelar diskusi, untuk memutuskan degradasi dan promosi. Kemudian terkait dengan tim-tim yang nantinya akan mewakili di kompetisi Eropa. 

Rencananya kompetisi di Prancis akan kembali bergulir pada Agustus tahun depan. Kompetisi Ligue 1 terhenti pada pekan 28, di mana Paris Saint-Germain memuncaki klasemen dengan 68 poin dan Marseille di posisi runner up dengan 56 angka. 

Kemudian Nimes, Amiens dan Toulouse menjadi tiga tim terbawah. 

Sementara itu, musim ini dua wakil dari Prancis Paris Saint-Germain dan Lyon lolos ke babak 16 besar Liga Champions.