Pengalaman Eks Wasit Top Premier League Pimpin Laga Ronaldo dan Messi

Bintang Barcelona, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid (kanan).
Sumber :
  • Foottheball

VIVA – Saat masih berkarier, Mark Clattenburg dikenal sebagai salah satu wasit papan atas di Inggris. Dia secara reguler memimpin pertandingan Premier League dan Liga Champions hingga kompetisi internasional bergengsi.

Tidak heran jika dia memiliki pengalaman langsung bersua dengan banyak pemain hebat di atas lapangan hijau. Dan seperti apa pengalaman Clattenburg saat memimpin laga yang dimainkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

"Satu hal yang saya kagumi di atas segalanya adalah kemampuannya (Ronaldo) meningkatkan permainan ketika timnya down," kata Clattenburg tentang Ronaldo, seperti dilansir laman Inggris, Daily Mail, Sabtu 9 Mei 2020.

"Saya memimpin pertandingannya sejak dia masih menjadi pemain muda di Premier League bersama MU, kemudian dia ke Real Madrid. Dia benar-benar pemain unik yang bisa mengubah permainan dalam sekejap," lanjut Clattneburg. 

Sedangkan soal Messi, Clattenburg mengaku sangat takjub kala pertama kali memimpin pertandingan yang dilakoni mega bintang asal Argentina itu. Sebab Messi seperti 

"Ketika saya pertama kali menjadi wasit pertandingan Messi, saya sangat terkejut. Itu adalah pertandingan Barcelona melawan Paris Saint-Germain. Saya ingat berpikir, 'Ya Tuhan, ini tidak bisa dipercaya'."

"Ketika Anda menjadi wasit, Anda harus terus memantau bola. Saat bola di kakinya (Messi), anda bisa kehilangan bola. Jadi bayangkan bagaimana rasanya bagi pemain bertahan (ketika melawannya)!" lanjut Clattenburg.