Asosiasi Klub Eropa Tolak Ekspansi Piala Dunia

Presiden FIFA, Gianni Infantino
Sumber :
  • REUTERS/Ruben Sprich

VIVA.co.id – Asosiasi Klub Eropa (ECA) menegaskan penolakan, atas rencana ekspansi Piala Dunia yang dimotori Presiden FIFA Gianni Infantino. Mereka mengatakan para pemain sudah memiliki beban berat, tanpa adanya ekspansi yang kontroversial.

Dilansir dari Bangkok Post, Jumat 16 Desember 2016, Infantino mengusulkan ekspansi menjadi 48 tim, yang akan berpartisipasi di putaran final Piala Dunia. Beberapa negara Asia telah mendukungnya, karena akan memberi lebih banyak tempat.

Manajer Manchester City Pep Guardiola, pekan lalu memperingatkan bahwa usulan Infantino, akan membunuh para pemain. ECA juga telah menambahkan kritik, dan mengirimkan surat pada Infantino, untuk menyampaikan penentangan.

"Kita harus fokus pada sisi olahraga. Politik dan kepentingn komersial, tidak semestinya jadi prioritas ekslusif dalam sepakbola. Demi kepentingan fans dan para pemain, kami mendesak FIFA tidak menambah partisipan Piala Dunia," kata Chairman ECA Karl-Heinz Rummenigge.

ECA sebagai badan independen yang mewakili klub-klub di tingkat Eropa, mengatakan jumlah pertandingan setiap tahunnya, telah mencapai tingkat yang sulit diterima. Rencana ekspansi FIFA, dipastikan bakal berdampak besar bagi banyak klub Eropa.