Pengakuan Jujur Shin Tae-yong soal Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong dan Ragnar Oratmangoen
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara soal peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026. Piala Dunia 2026 akan digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat pada 11 Juni hingga 19 Juli mendatang. Piala Dunia 2026 akan diikuti 48 negara dari enam konfederasi.

Reaksi Shin Tae-yong Usai Gol Timnas Indonesia U-23 Dianulir Wasit

Adapun skuad Garuda baru saja meraup dua kemenangan penting ketika menghadapi Vietnam pada kualifikasi putaran kedua. Kemenangan tersebut membuka peluang Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga sekaligus mengantongi tiket otomatis ke Piala Asia 2027.

Dua kemenangan atas Vietnam membuat Indonesia kini di peringkat kedua klasemen sementara dengan poin tujuh. Indonesia kini menyisakan dua laga Grup F yaitu melawan Irak dan Filipina. 

Timnas Indonesia U-23 Ditekuk Uzbekistan, Gol Ferarri Dianulir Wasit

Jika tim asuhan Shin Tae Yong bisa memenangkan salah satu dari pertandingan tersebut, maka Indonesia akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong mengaku tidak ingin berpikir terlalu jauh, membicarakan perihal potensi Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026. Namun dia menegaskan akan fokus ke babak kualifikasi terakhir.

Komang Teguh Ditawari Beasiswa S2 ITB STIKOM Bali

"Saya hanya berpikir untuk melaju ke babak kualifikasi terakhir. Kami berencana untuk melaju hingga ke babak penyisihan akhir," ucap Shin Tae Yong kepada media Korea Selatan, Nate.

Ya memang, perjalanan Timnas Indonesia masih sangat panjang untuk menuju Piala Dunia 2026. Kini, Indonesia sedang menuju ke putaran ketiga. Setelah itu Indonesia diharapkan lolos ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Jika bisa menjadi juara Grup di zona keempat, maka Indonesia akan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. Tetapi jika Indonesia finis di posisi runner up grup pada putaran keempat, maka tim Merah Putih akan lolos ke putaran kelima dan harus menjalani pertandingan play-off melawan tim runner up dari grup lainnya.

Pemenang playoff akan melaju ke playoff antar konfederasi Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk menentukan tiket ke putaran final.

 Kami berencana untuk melaju hingga ke babak penyisihan akhir. Memang benar bahwa ini positif, tetapi ini belum selesai. Oleh karena itu, kami tidak boleh lengah atau santai," ucap Shin Tae-yong.

"Kami akan melakukan yang terbaik di setiap pertandingan, mempersiapkan diri secara matang, dan bisa melaju ke babak penyisihan akhir. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya," ujar Shin Tae Yong. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya