PSSI Ambil Jalan Terbaik untuk Indonesia U-23 dan Klub Liga 1

Timnas Indonesia U-23 lolos Piala Asia U-23 2024
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif pada Sabtu 30 Maret 2024. Dalam kesempatan itu, diambil keputusan untuk menghentikan sementara jalannya Liga 1 selama Piala Asia U-23 2024 bergulir.

Timnas Indonesia U-23 Ditekuk Uzbekistan, Gol Ferarri Dianulir Wasit

Piala Asia U-23 2024 dimulai pada 15 April 2024. Jadwal itu bentrok dengan Liga 1 yang sudah memasuki pekan-pekan krusial. Beberapa klub yang pemainnya akan dipanggil Indonesia U-23 sempat melontarkan penolakan.

Situasi ini jelas tak menguntungkan bagi pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Karena dia tak bisa dengan leluasa memanggil pemain yang sesuai dengan keinginannya.

Komang Teguh Ditawari Beasiswa S2 ITB STIKOM Bali

Guna mencari jalan tengah, dalam rapat Komite Eksekutif PSSI, diputuskan penghentian sementara Liga 1. Tujuannya agar Indonesia U-23 bisa maksimal, dan klub tak kesulitan.

Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga.

Photo :
  • Instagram Arya Sinulingga
Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Ramadhan Sananta Gantikan Rafael Struick

"Supaya klub-klub yang pemainnya dipanggil tidak merasa dirugikan dan Timnas bisa lengkap, maka kita ambil keputusan menunda sementara Liga kita," kata Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

"Ini langkah yang diambil untuk menyelamatkan dua-duanya. Agar klub tidak terganggu karena ada pemainnya yang diambil untuk Timnas, sehingga mereka nanti bisa full beramin. Di sisi lain Timnas juga bisa aman. Ini langkah terbaik untuk semua," imbuhnya.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai dihentikan sementara kompetisi kasta tertinggi sepakbola di Tanah Air. Mereka merujuk kemudian langsung berkomunikasi dengan klub.

“Sebagai bentuk dukungan kepada timnas, maka LIB siap menjalankan keputusan tersebut. Dalam hal ini, kami langsung berkomunikasi dengan klub dan perubahan jadwal pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/24 akan disampaikan kemudian,” tutur Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus

Photo :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI

Ferry Paulus berharap semua klub peserta Liga 1 bisa memahami dan memberi dukungan atas keputusan PSSI tersebut. Ini semua demi keikutsertaan Indonesia U-23 di level internasional.

“Semua diputuskan atas nama kepentingan timnas. Seperti yang kita tegaskan pada awal musim, Kompetisi BRI Liga 1 2023/24 pada akhirnya untuk timnas. Demi tim Merah Putih yang selalu kita banggakan bersama,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya