Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

Jakarta – Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Penampilan menawan saat mencukur Timnas Vietnam 3-0 di My Dinh National Stadium membuat optimisme bermunculan.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Sepanjang sejarah, Indonesia baru sekali ikut Piala Dunia. Itu pun pada 1938 saat masih mengusung nama Hindia Belanda.

Piala Dunia 2026 akan berlangsung di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat pada 11 Juni hingga 19 Juli 2026. Meski kini dalam posisi yang bagus, jalan Indonesia ke sana masih lumayan panjang.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Saat ini, Indonesia berlaga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Untuk bisa lolos dari tahap ini cukup enteng, hanya butuh tiga poin tambahan

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Selain lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, jika mampu finis di dua besar Grup F, armada Shin Tae yong juga akan menggenggam tiket ke Piala Asia 2027 yang digelar di Arab Saudi.

Berapa Tahap Lagi?

Mari kita berandai-andai, Indonesia masuk ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di sini 18, tim dibagi dalam tiga grup. Masing-masing grup diisi oleh enam tim.

Dari enam tim itu, hanya dua tim teratas yang akan mendapatkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat ketiga dan keempat bakal diadu lagi di putaran keempat.

Di atas kertas, untuk bisa finis di dua besar cukup berat bagi Indonesia. Sebab, di sini tim-tim akan semakin tangguh.

Ada tim-tim langganan Piala Dunia dari mulai Iran, Arab Saudi, Australia, Jepang dan Korea Selatan. Tentu, mengalahkan mereka bukan hal mudah.

Peluang realistis adalah menempati posisi ketiga atau keempat. Nah, berarti Indonesia akan bertarung lagi di putaran keempat.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam

Photo :
  • PSSI

Di sini, tinggal enam tim tersisa. Dibagi dalam dua grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim.

Hanya posisi teratas dari masing-masing grup yang lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat kedua akan bertarung lagi di putaran kelima.

Jika melihat kekuatan Indonesia sekarang, bukan tidak mungkin Skuad Garuda memuncaki klasemen dan mendapatkan tiket Piala Dunia di tahap ini. Tapi, mari kita lihat kemungkinan lainnya yakni berlaga di putaran kelima.

Di putaran kelima, peringkat kedua masing-masing grup akan bertanding secara kandang dan tandang. Jikapun menang di tahap ini tidak langsung lolos ke Piala Dunia.

Pemenang putaran kelima akan maju ke babak playoff antarkonfederasi. Di sini, harus bertarung dengan wakil benua lain dengan sistem kandang dan tandang untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2026.

Gimana, masih sangat panjang bukan? Optimis Indonesia bisa melaju ke Piala Dunia 2026?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya