Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Bek Timnas Indonesia Jay Idzes
Sumber :
  • Instagram @afcasiancup

Jakarta – Sosok Jay Idzes sukses mencuri perhatian pecinta sepakbola Indonesia usai mencetak gol ke gawang Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Selasa, 26 Maret 2024 kemarin.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Publik menilai Jay Idzes tampil cukup luwes dan percaya diri kendati dirinya baru saja bergabung dengan Skuad Garuda di bawah asuhan Shin Tae yong.

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Photo :
  • Situs Resmi PSSI
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Di sisi lain, tidak sedikit pula yang menyorot keputusan Bang Jay untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Padahal, namanya disebut berpotensi besar bermain untuk Timnas Belanda yang secara rangking jauh di atas Indonesia.

Bek tangguh Venezia FC itu sempat diminati timnas Belanda, dalam kata lain ia berpeluang untuk berduet dengan Stefan de Vrij dari Inter Milan dan Virgil van Dijk dari Liverpool.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu dianggap menjadi pemain potensial karena usianya yang masih cukup muda, terlebih lagi komposisi bek tengah tim De Oranje sudah berusia tua, dan sudah waktu regenerasi.

Bergabungnya Jay ke Timnas Indonesia tentu saja menggugurkan kesempatannya bermain dengan Van Dijk. Kini kembali jadi sorotan alasan pemain 23 tahun itu lebih memilih sebagai warga negara Indonesia.

Jay Idzes disebut berminat untuk membela Timnas Indonesia karena bisa mendapatkan menit bermain yang lebih banyak, alih-alih bersama Belanda.

Selain itu, terdapat faktor lain yang mendasarinya Jay memilih Indonesia. Salah satunya demi bisa bermain untuk negara kelahiran kakek-neneknya yang merupakan orang asli Indonesia.

Jay Idzes sah menjadi WNI

Photo :
  • pssi.org

"Karena ini sebuah kehormatan besar bagi saya bisa mewakili negara saya dan keluarga saya, karena kakek-nenek saya, mereka berasal dari Indonesia dan mereka pindah ke Belanda dahulu kala," kata Jay

"Jadi ini sebuah kehormatan besar bagi saya bisa mewakili keluarga dan Indonesia," sambungnya usai menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI Desember 2023 lalu.

Setelah pertandingan melawan Vietnam, Jay diprediksi akan diturunkan kembali saat Indonesia bermain melawan Irak pada laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan Juni mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya