Mau Gondol Emas SEA Games? Timnas U-22 Wajib Perhatikan 2 Hal Ini

Evan Dimas Darmono bermain bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga krusial di final SEA Games 2019. Mereka akan adu kuat dengan Vietnam pada hari ini, Selasa 10 Desember 2019. Lalu bagaimana peluang Egy Maulana Vikri cs untuk menjadi juara? 

Laga kedua tim bukan menjadi yang pertama di ajang ini. Vietnam dan timnas U-22 sebelumnya sudah adu kuat di fase grup. Sayang, skuat asuhan Indra Sjafri harus menyerah dengan skor 1-2.

Dan jika tidak ingin mengulangi hasil minor itu lagi, Indonesia setidaknya wajib memperhatikan dua hal ini. Mantan pemain timnas Indonesia, Supriyono Prima menjelaskan jika masih ada dua hal yang diperbaiki menjelang laga menghadapi Vietnam. 

Yang pertama adalah kesalahan yang dilakukan pemain. Menurut Supriyono, laga kontra Myanmar menjadi bukti jika masih ada pemain yang kehilangan fokus saat berlaga. Di laga itu, Indonesia yang sempat memimpin 2-0 harus puas diimbangi 2-2 hingga terjadi perpanjangan waktu. 

Beruntung dua gol susulan berhasil diciptakan. Yang kedua adalah penyelesaian akhir yang masih perlu dimaksimalkan."Lawan Myanmar kita lihat, harusnya sudah selesai dengan keunggulan awal," kata Supriyono, ketika dihubungi Vivanews

"Vietnam bukan timn yang mudah dikalahkan. Mereka punya fighting spirit, unggul fisik, pemahaman taktik. Selain tadi memperbaiki offence pemain kita juga jangan banyak melakukan kesalahan fundamental melakukan eror-eror yang berpotensi mereka mencetak gol," lanjut dia.

Laga Indonesia verus Vietnam diprediksi bakal berjalan ketat. Sebab, kedua tim sama-sama sudah lama tak meraih medali emas di SEA Games. 

Indonesia terakhir kali menjadi juara pada SEA Games 1991 setelah mengalahkan Thailand 4-3 lewat adu penalti. Vietnam jauh lebih lama. Terakhir kali mereka mengecap jadi yang terbaik masih dengan nama Vietnam Selatan pada 1959.

Lihat Prediksi final SEA Games 2019 Indonesia vs Vietnam di bawah ini:

>