Meski Klubnya Sudah Dikunjungi STY, Elkan Baggott dan Sandy Walsh Belum Tentu Main di Piala AFF

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.
Sumber :
  • instagram.com/elkanbaggott/

VIVA Bola – Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, dua pemain yang berkarier di luar negeri, yakni Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum bisa dipastikan apakah ikut ambil bagian di Piala AFF 2022.

Meskipun, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, sudah menemui klub mereka masing-masing.

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh.

Photo :
  • VIVA/Zulfikar Husein


"Sampai sekarang belum ada kepastian," kata Yunus di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin 28 November 2022.

Lebih lanjut, selain kunjungan langsung Shin Tae-yong, pihaknya juga sudah mengirimkan surat soal Piala AFF 2022 tetapi belum mendapatkan tanggapan.

Shin Tae-yong datang langsung ke markas klub Elkan Baggott, Gillingham FC di Inggris, untuk melobi manajemen tim tersebut agar mempersilakan bek tengah bertinggi badan 194 cm itu tampil di Piala AFF 2022.


Kemudian, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga singgah ke Belgia dan menemui pihak klub Sandy Walsh, KV Mechelen, untuk alasan yang sama.

Agenda tersebut dilakukan Shin Tae-yong di sela pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-20 di Spanyol.

Di Piala AFF 2022, yang bergulir pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023, Timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad berjuluk Garuda itu.

Sebagai persiapan menuju Piala AFF 2022, Timnas Indonesia menggelar TC di Bali mulai Senin 28 November 2022.

Ada 28 pemain yang dipanggil untuk kegiatan tersebut dengan delapan di antaranya merumput di liga luar negeri yakni Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim/Malaysia), Elkan Baggott (Gillingham FC/Inggris), Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Jepang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Egy Maulana Vikri (FV Vion Zlate Moravce/Slovakia), Witan Sulaeman (AS Trencin/Slovakia) dan Saddil Ramdani (Sabah FC/Malaysia).