Sriwijaya Sementara Ditahan Persiba

Sumber :

VIVAnews - Tuan rumah Sriwijaya FC untuk sementara diimbangi Persiba Balikpapan 1-1 dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu malam 25 April 2009. Gaston Castano yang on fire menyamakan kedudukan buat Persiba yang sempat tertinggal lebih dahulu.

Sebagai tamu, Persiba justru membuka peluang lebih dahulu lewat Gaston Castano di menit ke-2. Sayangnya, tendangan keras Gaston masih membentur rekannya sendiri, Talaohu Abdulmushafry.

Peluang pertama Sriwijaya berawal dari set piece Zah Rahan di menit 8. Tendangan Rahan ke dalam kotak penalti hanya berbuah pelanggaran kepada kiper Persiba, I Made Wirawan.

Sriwijaya kembali melahirkan peluang lewat striker tajam Ngon A Djam di menit 11. Sundulan Ngon manis ditangkap Made Wirawan.

Tak berselang lama, serangan Sriwijaya lewat Keith Kayamba Gumbs hanya berbuah sepak pojok. Sriwijaya tak mengendurkan tekanan.

Dan akhirnya, kubu tuan rumah membuka skor lewat sundulan Ngon di menit 12. Ini jadi gol ke-20 Ngon di pentas Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009, sekaligus melejitkannya dalam daftar top skorer.

Para pemain Persiba sempat memprotes gol ini karena terjadi insiden jatuhnya kiper Made Wirawan. Tapi, wasit kukuh dengan pendiriannya.

Pasalnya, posisi Ngon membelakangi gawang, dan Made Wirawan yang menabrak Ngon hingga terjatuh, bukan sebaliknya.

Terus menekan, Sriwijaya melahirkan kemelut di mulut gawang Persiba lewat kerjasama duet Anoure Obiora dan Ngon di menit 24. Berikutnya,  tendangan Gumbs di menit 27 masih tepat berada di pelukan Made Wirawan.

Sebaliknya, Persiba juga masih tampil menyerang meski telah ketinggalan 0-1. Persiba hanya mengandalkan tusukan-tusukan Mushafry dan Gaston Castano.

Ternyata, permainan menyerang yang terus diperagakan Persiba tak sia-sia. Pada menit 31, Gaston yang on fire menanduk umpan Jufri Samad di depan kotak penalti dan menembus jala Dede Sulaiman.

Sriwijaya 1, Persiba 1. Ini jadi gol ketiga beruntun Gaston dalam tiga laga terakhir.

Sriwijaya terus menekan dan mendapatkan peluang emas di menit 36. Tendangan keras Gumbs masih bisa ditip Made Wirawan.

Persiba melahirkan peluang terakhir di babak pertama lewat umpan tandukan Gaston ke Mushafry di injury time. Sayangnya, tendangan Mushafry yang sudah berdiri bebas hanya melambung.

Babak pertama berakhir 1-1.