Jelang Hadapi ManCity, Bos Arsenal malah Curhat soal Liga Champions

Manajer Arsenal, Mikel Arteta
Sumber :
  • twitter.com/arsenal

VIVA – Manajer Arsenal, Mikel Arteta, tampak sulit fokus untuk menghadapi Manchester City di awal Proyek Restart Premier League, Kamis dini hari WIB, 18 Juni 2020. Dia malah berkeluh kesah tentang kondisi finansial klub yang goyang akibat absen di Liga Champions.

The Gunners terakhir kali berlaga di kompetisi kasta tertinggi Benua Eropa itu pada 2017 silam. Kala itu, mereka tersingkir dengan skor tragis, 2-10, dari Bayern Munich.

Setelahnya, mereka selalu berlaga di Liga Europa. Ternyata, kondisi tersebut membuat keuangan klub menjadi goyang.

Baca juga: Tak Cuma Mitos, Ini Bukti Nyata Wanita Betul dan Pria itu Salah

Sebab, mereka kehilangan sekitar £150 juta lantaran absen dari Liga Champions selama tiga musim terakhir. Jumlah itu jelas sangat besar dan bisa buat membangun tim yang lebih kompetitif.

"Faktanya, karena kami tak tampil di Liga Champions dalam tiga musim terakhir memberikan tekanan hebat pada keuangan klub. Membuat kami tak bisa mencapai target yang kami inginkan. Dan pasti ada alasan untuk itu," ujar manajer asal Spanyol dikutip The Sun.

Beruntung, peluang untuk kembali tampil di Liga Champions musim depan masih terbuka lebar di musim ini. Mereka cuma berjarak delapan poin dari Chelsea dan masih ada 10 laga tersisa.

Tampil di Liga Champions memang menjadi suatu target yang wajib dicapai. Selain bisa menambah pundi-pundi keuangan klub, tampil di kompetisi tersebut bisa menjadi daya tarik untuk menggaet pemain baru.

Namun, bila target itu tak bisa terwujud, Arteta patut khawatir.

"Kami coba menyusun rencana untuk meningkatkan apa yang sudah kami miliki. Jika kami tak bergerak, jarak dengan tim kuat lain akan semakin besar," kata Arteta.

"Saya tak datang kemari hanya untuk pasrah dan menerima keadaan. Jadi, inilah tantangannya untuk meningkatkan skuad ke posisi yang tepat untuk memberi kami peluang terbaik supaya bisa bersaing," jelasnya.

Baca juga: Ada yang Aneh dalam Perayaan Gelar Juara Bayern Munich