5 Musim Beruntun Klopp Antarkan Liverpool ke Liga Champions

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • twitter.com/LFC

VIVA – Liverpool berhasil memastikan satu tempat di Liga Champions musim depan. Mereka menunggu sampai pertandingan terakhir Premier League 2020/2021 untuk tiket tersebut.

Kemenangan atas Crystal Palace di Anfield Stadium, Minggu malam WIB 23 Mei 2021 yang mengantarkan The Reds menuju kompetisi paling elite benua Eropa. Pesaing mereka Chelsea dan Leicester City kebetulan menelan kekalahan.

Alhasil Liverpool naik ke peringkat ketiga klasemen. Dari 38 pertandingan yang dilakoni, skuad asuhan Juergen Klopp mengumpulkan 69 poin.

Pendukung Liverpool sempat cemas timnya gagal menembus Liga Champions musim depan. Apalagi dua pekan sebelumnya mereka sempat terlempar dari empat besar.

Mengutip Squawka, Liverpool di bawah asuhan Klopp lolos ke Liga Champions dalam lima musim beruntun. Catatan ini menambah daftar panjang efek tangan dinginnya kepada tim.

Di musim pertamanya membesut Liverpool, yakni 2015/2016, Klopp memang gagal membawa lolos ke Liga Champions. Karena mereka cuma finis pada urutan kedelapan.

Tapi semusim berselang situasi berubah. The Reds mengakhiri musim dengan menempati peringkat keempat klasemen Premier League dan berhak atas tiket ke Liga Champions.

Pada 2017/2018, Liverpool lagi-lagi finis pada urutan keempat. Ini yang jadi awal perjalanan mereka hingga berhasil menggondol gelar juara Liga Champions 2018/2019.

Menghadapi Tottenham Hotspur di babak final, Mohamed Salah dan kawan-kawan mampu mencatatkan kemenangan dua gol tanpa balas.

Sayangnya pada musim yang sama mereka gagal juara di Premier League. Liverpool harus puas ada di peringkat kedua klasemen dengan selisih satu angka dari Manchester City yang menjadi juara.

Pada 2019/2020, Liverpool kembali lolos ke Liga Champions. Terasa sempurna karena mereka berstatus sebagai juara Premier League.