Barcelona Diimbangi Rayo Vallecano Tanpa Gol, Xavi: Sabar

Xavi Hernandez
Sumber :
  • instagram

VIVA Bola - Kesabaran adalah identitas yang ditunjukkan Barcelona saat mereka melakoni laga pembuka di LaLiga musim 2022/23. Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih Blaugrana, Xavi Hernandez, usai tim asuhannya ditahan seri Rayo Vallecano 0-0.

Meskipun memulai dengan pemain baru seperti Robert Lewandowski, Andreas Christiansen, dan Raphinha, raksasa Catalan itu tak bisa membongkar pertahanan Vallecano yang musim lalu finis di urutan ke-12 LaLiga.

Barcelona juara Trofeo Joan Gamper 2022.

Photo :
  • AP Photo/Joan Monfort

Blaugrana mendominasi penguasaan bola dan mengancam kiper Vallecano sebanyak enam kali selama pertandingan. Sergio Busquets sempat mengguncang penonton di tribun karena diusir keluar lapangan setelah menyikut Radamel Falcao.

Barcelona telah menjadi klub terboros di Eropa pada bursa transfer musim panas ini karena terkena dampak finansial sehingga mereka mengeluarkan uang banyak untuk membeli pemain. 

Bahkan, setelah menghabiskan sekitar 140 juta euro untuk membeli pemain baru, mereka harus mengaktifkan serangkaian tuas ekonomi agar bisa menstabilkan neraca keuangan.

Mereka dibiarkan malu jelang laga pembuka, pada hari Minggu 14 Agustus 2022, dini hari WIB, karena gagal mendaftarkan bek tengah barunya, Jules Kounde. Barcelona tak bisa mendaftarkan Kounde lantaran masih kurangnya dana untuk mematuhi aturan keuangan LaLiga.

Satu hal yang mungkin tidak diberikan Xavi adalah kesabaran, dengan pejabat klub dan pendukung menuntut kesuksesan sesegera mungkin usai memparuhkan masa depan depan mereka pada target jangka pendek.

"Rayo bertahan dengan sangat baik. Itu merugikan kami dalam menghasilkan lebih banyak peluang daripada biasanya," ujar Xavi, kepada Marca, Minggu 14 Agustus 2022.

"Sayang sekali, karena kami ingin menunjukkan kepada para penggemar bahwa kami berada di jalur yang benar. Ini mengecewakan, tetapi kami meminta kesabaran."

"Saya tidak ingin mencari alasan. Saya hanya ingin penjelasan. Lebih baik bahwa ada harapan yang tinggi. Saya orang pertama yang menerima harapan itu."

"Mungkin, dengan mencari penjelasan, saya lebih sedikit menekankan diri. Kami kurang efektif. Itu adalah pertandingan untuk bisa mendapatkannya dengan baik."

Debut Robert Lewandowski di Barcelona

Photo :
  • Twitter: Barcelona FC

Penampilan Frenkie de Jong dari bangku cadangan merupakan sorotan lain karena gelandang internasional Belanda itu diinginkan oleh Manchester United dan Chelsea. Dia hanya menjalani pertandingan selama 30 menit yang mungkin saja menjadi penampilan terakhir di Camp Nou.

Barcelona akan melakukan perjalanan tandang pada pekan kedua LaLiga 2022/23 dengan menghadapi Real Sociedad. Tentunya, Barcelona menargetkan tiga poin pertama di LaLiga musim ini.