Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 21 Februari 2020 | 15:45 WIB

Layanan Streaming yang Diblokir Telkom Kena Apes

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Freepik/freepik
Netflix.

VIVA – Layanan streaming yang diblokir Telkom, Netflix, kembali kena apes. Setelah beberapa film produksinya diprotes karena mengandung unsur kekerasan dan pornografi, kini Netflix sedang mendapat perlawanan dari layanan streaming lokal di India.

Padahal, mereka sudah menghabiskan jutaan dolar AS untuk mengambil hati masyarakat negeri Bollywood yang memiliki potensi pasar luar negeri terbesar.

Baca Juga

Dikutip dari laman Economic Times, Jumat, 21 Februari 2020, yang mengajukan perlawanan adalah Zee5, layanan streaming video lokal teratas di India yang didirikan oleh seorang penyiar televisi. Kepala Eksekutif Zee5, Tarun Katial, menggunakan strategi konten lokal untuk melawan Netflix.

"Layanan over-the-top (OTT) kami mencoba meraup keuntungan dengan menambah lebih banyak konten lokal dengan opsi harga yang lebih rendah. Sedangkan, OTT internasional tidak menampilkan warisan asli negeri," tegas dia.

Terpopuler

Zee5 juga mengaku telah menghasilkan 100 konten lokal, yang juga dalam bahasa lokal, di mana setidaknya 10 kali lebih banyak dibandingkan kompetitor manapun yang bermain di pasar tersebut di India. "Kami yakin bisa memenangkan pertempuran ini," ungkap Tarun.

Layanan streaming video Zee5 dimulai sejak 2018. Mereka bersaing dengan lusinan platform streaming videonya lainnya, termasuk Amazon.com. Boston Consulting Group memperkirakan pangsa pasar streaming video di India bisa meraup US$5 miliar pada 2023.

Seperti diketahui, India menjadi lahan basah bagi para perusahaan streaming video global. Hal ini berbeda dengan China yang medannya sengaja tertutup untuk layanan OTT asing.

Zee5 telah mengumpulkan 61 juta pengguna aktif dalam waktu 15 bulan sejak pertama kali rilis. Mereka memiliki target menambah 70-80 konten lokal hingga tahun depan dan membuat 15 film yang akan rilis pada 2021.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bocoran KINGDOM Season 2, Wabah Zombie Gila Makin Sinting!
SHOWBIZ - 3 bulan lalu
Terbaru