Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 20 Maret 2020 | 09:08 WIB

Netflix Takluk sama Corona

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • Market Watch
Netflix.

VIVA – Penyedia media layanan streaming asal Amerika Serikat, Netflix, menurunkan kualitas layanan streaming mereka di setiap konten yang tersedia gara-gara wabah Virus Corona COVID-19. Hal ini dimaksudkan untuk membantu infrastruktur internet mengatasi lonjakan trafik data internet di mana-mana.

Peningkatan trafik data internet ini dikarenakan banyak negara menerapkan kebijakan lockdown atau self-quarantine atau work from home akibat Corona. Dilansir dari situs Independent, Jumat, 20 Maret 2020, Netflix sepakat menurunkan kualitas gambar setiap konten streaming.

Baca Juga

Namun, keputusan ini hanya akan diterapkan di Eropa meskipun ada kemungkinan juga negara-negara lain di luar Eropa bakal terdampak.

Keputusan Netflix ini juga mengikuti anjuran yang dikeluarkan oleh salah satu pejabat komisioner Uni Eropa, Thierry Breton, yang mengajak warga untuk beralih menggunakan kualitas standard.

Terpopuler

“Untuk mengamankan akses internet untuk semua, mari kita beralih ke definisi standard ketika (kualitas) HD tidak diperlukan,” kata Breton dalam akun Twitter pribadinya.

Hasil kebijakan ini juga nyata keluar setelah mereka benar-benar berdiskusi dengan komisaris Uni Eropa itu melalui telepon. Kebijakan ini siap untuk diterapkan di Eropa selama 30 hari lamanya.

Dengan adanya keputusan ini maka para pengguna dinilai akan menghemat konsumsi data sebesar 25 persen setiap konten yang mereka nikmati di Netflix. Faktanya, mengurangi bitrate konsumsi data ini dapat menghasilkan video yang tampak kurang jelas dan lebih pixel.

Selain itu, meningkatnya trafik data pada jaringan internet dan juga telepon di Inggris, juga menciptakan masalah yang cukup merepotkan untuk para warganya. Provider seperti EE, O2, dan Vodafone harus mengalami pemadaman massal awal pekan ini yang diikuti oleh banyak keluhan pemakainya karena mereka tidak dapat online.

Laporan: Abdullah Saputra

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru