Hati-hati dengan Badai Laura

Badai petir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Badai Laura kini telah masuk ke dalam Kategori 4 atau sangat berbahaya. Badai ini memiliki kecepatan angin maksimum yang berkelanjutan hampir 140 mph (220 km/jam), demikian menurut laporan National Hurricane Center, seperti dikutip dari situs LiveScience, Kamis, 27 Agustus 2020.

Pada Rabu, 26 Agustus pukul 14.00 EDT atau Kamis hari ini, 27 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB, Badai Laura bergerak ke arah barat lalu mendekat dengan kecepatan 16 mph (26 km/jam) dan diperkirakan akan mendekati pantai Texas dan barat daya Louisiana, pada Rabu malam.

Padahal ada sekitar 20 juta orang yang tinggal di jalur badai dan lebih dari setengah juta sudah diperintahkan untuk mengungsi. Kategori 4 dianggap sebagai badai besar yang membawa angin berkelanjutan dengan kecepatan 130 hingga 156 mph (209 hingga 251 km/jam).

Badai Laura diperkirakan akan membawa gelombang badai 'bencana', angin ekstrem, dan banjir bandang di sepanjang barat laut Pantai Teluk. Di beberapa daerah, ketinggian air bisa mencapai 15-20 kaki atau 4,6-6 meter.

"Gelombang badai yang tak tertahankan dengan gelombang besar dan merusak, akan menyebabkan kerusakan dahsyat dari Sea Rim State Park di Texas ke Intracoastal City di Louisiana. Gelombang badai ini dapat mencapai 30 mil (48 km) ke pedalaman dan hanya beberapa jam tersisa untuk menyelamatkan diri dan harta benda dan semua tindakan harus segera diselesaikan," demikian menurut keterangan resmi NHC.

Dalam sebuah pernyataan, Kara Doran, ahli kelautan Survei Geologi AS sekaligus pemimpin Tim Badai Perubahan Pesisir USGS yang berbasis di St. Petersburg, Florida, mengatakan gelombang badai ini kemungkinan besar akan menjadi peristiwa paling berdampak. "Pesisir rentan dengan badai yang berulang-ulang di area umum yang sama," kata dia.

Gelombang badai akan berdampak kuat pada pantai berpasir dan pulau penghalang di sepanjang pantai Teluk Tengah. Lonjakan ini dapat menyebabkan erosi di dasar bukit pasir, sehingga pasir akan terangkut dalam jumlah besar melintasi lingkungan pesisir yang menyebabkan perubahan pada lanskap dan genangan serta menenggelamkan pantai dan bukit pasir.

Tapi untungnya, setelah Badai Laura mendarat, diperkirakan badai ini akan melemah dengan cepat. Laura diperkirakan akan pindah ke barat laut Louisiana, melewati Arkansas pada Kamis malam ini, dan melewati pertengahan lembah Mississippi pada Jumat besok, 28 Agustus 2020.