10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Lahan terlantar di dunia
Sumber :
  • istimewa

VIVA Dunia – Lahan terlantar adalah tempat yang jelek, hampir tidak bisa dihuni. Namun beberapa daerah terlantar yang paling menakjubkan saat ini pernah menjadi saksi gemuruh peradaban manusia pada suatu waktu.
 
Banyak dari mereka diciptakan karena orang-orang meninggalkan tempat tersebut karena perang atau kehilangan minat. Saat ini hutan belantara ini telah berubah menjadi kota hantu di mana tidak ada yang tumbuh dan tidak ada yang hidup.

Arab Saudi Dilanda Hujan Deras, Makam Nabi Muhammad Terkena Dampaknya

Berikut adalah 10  lahan terlantar di muka  bumi, yang luar biasa di bumi dikutip dari laman Wonderlist.com. Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut in.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Swedia Selatan

Swedia selatan

Photo :
  • istimewa
Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Perhatikan bahwa meskipun Swedia Selatan berada di urutan teratas dalam daftar 10 lahan terlantar yang luar biasa di dunia, seluruh Swedia selatan bukanlah lahan kosong atau terbengkalai. Sebagian besar hutan di tiga provinsi Småland, Halland dan Skåne (Juga disebut Scania) hancur akibat badai tahun 2005 yang disebut “Gudrun”.

Diperkirakan seperempat miliar pohon tumbang akibat angin kencang. Namun “Badai Gudrun” atau dalam bahasa Swedia “Orkanen Gudrun” tidak menimbulkan kerusakan serius di kota mana pun dan hanya sedikit orang yang terluka dan tewas setelah badai tersebut. Namun banyak rumah warga yang atapnya robek. Kami juga harus menyebutkan bahwa badai tersebut tidak hanya berdampak pada Swedia, tetapi juga Denmark, Finlandia, Estonia, dan bahkan Rusia.

Namun, yang paling kuat ada di Swedia. Yang keren dari semua ini adalah banyak pohon tumbang yang menumpuk di tumpukan raksasa. Tumpukan tersebut akan memiliki panjang sekitar 2,3 kilometer, lebar 60 meter, dan tinggi 13 meter.

Enam Bendera New Orleans

Bagi yang belum, berikut latar belakangnya. Jadi, Six Flags New Orleans adalah sebuah taman hiburan di New Orleans, Louisiana. Sayangnya bagi semua anak-anak yang liar, penasaran, dan suka bermain, taman ini hancur dan ditinggalkan karena badai “Katrina” tahun 2005. Taman ini sejak itu menjadi tempat yang sangat menyeramkan dan “studio” populer bagi seniman grafiti.

Katrina seperti yang disebutkan adalah badai yang sebagian besar melanda empat negara bagian AS – tepatnya Louisiana, Mississippi, Alabama, dan Florida. Jumlah kematian yang disebabkan oleh “Katrina” berbeda-beda tergantung pada sumbernya, namun diperkirakan berjumlah sekitar 1.000. Banyak orang juga hilang dan banyak yang kehilangan rumah. Itu adalah bencana yang sangat tragis dengan banyak akibat.

Laut Aral

Laut Aral dulunya adalah sebuah danau raksasa yang terletak di perbatasan Uzbekistan-Kazakhstan. Karena perkebunan kapas di Uni Soviet menghalangi air masuk ke danau, danau tersebut telah mengering dan saat ini hampir tidak ada air tersisa di Laut Aral.

Ada perahu-perahu nelayan yang tertinggal di sana, tampak seperti kuburan kapal-kapal nelayan. Fakta bahwa danau telah mengering juga merupakan masalah ekonomi yang serius bagi banyak nelayan di wilayah ini. Danau tersebut telah mengering hanya dalam beberapa dekade dan menyebabkan industri perikanan mengalami kehancuran.

Oradour-Sur-Glane

Kini hadir Oradour-Sur-Glane – tanah terlantar luar biasa yang terletak di selatan Prancis. Sekarang, sama seperti kebanyakan benda lain dalam daftar ini, ini sebenarnya bukan “tanah tandus” raksasa seluas seribu mil persegi atau lebih. Dulunya merupakan sebuah desa, tempat ini terlihat seperti hantaman bom raksasa ke tanah. Namun hal ini tidak terjadi. Rumah-rumahnya terbelah dua dan mobil-mobilnya tanpa roda dan interior. Hal ini sungguh membuat desa terlihat “mati”.

Kisah sebenarnya di balik desa ini dimulai pada tahun 1944 selama Perang Dunia II. Kota ini diduduki dan dihancurkan oleh Nazi . Semua orang terbunuh – pria, wanita dan juga anak-anak. Jika kita percaya sebuah situs web yang sepenuhnya didedikasikan untuk pembantaian dan desa tersebut, 642 penduduk terbunuh. Masih belum ada penjelasan pasti mengapa Nazi melakukan hal tersebut. Desa tersebut tidak berpenghuni sejak peristiwa ini, tetapi desa tersebut masih memiliki kotamadya sendiri.

Kobani

Perang yang terkenal di Suriah tidak hanya menghancurkan kehidupan banyak orang tetapi juga banyak kota yang menyebabkan sebagian besar negara itu hancur. Namun, kota ini terlihat seperti diambil langsung dari game “Fallout”.

Kobanî terletak di wilayah otonomi Rojava, Suriah dan berpenduduk sekitar 40.000 jiwa. Kota ini dikuasai oleh ISIS pada paruh akhir tahun 2014. Sebagian besar penduduknya mengungsi ke Turki, karena lokasinya yang sangat dekat dengan perbatasan.

Jika kami memercayai sumbernya, 200 warga sipil dibunuh oleh tentara ISIS selama perebutan dan perebutan kembali kota tersebut. Ketika pejuang Kurdi berhasil merebut kembali kota tersebut pada awal tahun 2015, 60 anggota ISIS juga terbunuh.

Banyak penduduk kemudian kembali ke kota dan sekarang mereka sedang berupaya membangunnya kembali. Ini jelas merupakan peristiwa yang sangat tragis yang dilakukan oleh ISIS dan sayangnya, hal ini masih terjadi di banyak wilayah di negara ini hingga saat ini. Kobanî berada di nomor 6 dalam daftar 10 daerah terlantar yang luar biasa.

Pompei

Kota ini tidak seperti kota lain dalam daftar ini, sebenarnya dihancurkan oleh gunung berapi . Gunung Vesuvius adalah gunung berapi yang terletak di dekat Pompeii, serta Napoli di Italia selatan. Gunung berapi ini telah mengalami banyak letusan, tetapi letusan yang mengubur kota Pompeii adalah yang paling terkenal dan terbesar. Dua ribu tahun yang lalu kota ini terkubur oleh abu yang akhirnya mengawetkan bangunan dan kerangkanya.

Saat ini, ketika abunya hilang, Anda dapat dengan jelas melihat reruntuhan kota kuno ini. Perlu diingat bahwa peristiwa ini terjadi ribuan tahun yang lalu sehingga menarik untuk dilestarikan sebagaimana adanya. Saat ini, Pompeii telah menjadi lokasi wisata populer di kawasan Napoli.

Kota ini diyakini dibangun sekitar abad 8-9 SM oleh masyarakat Oscan. Ini tidak seperti kota-kota kuno lain di dekatnya yang sebagian besar didirikan oleh orang-orang Yunani.

Pulau Hashima

. Pulau Hashima

Photo :
  • Instagram

Hashima  – salah satu daerah terlantar paling menakjubkan di dunia saat ini, sebenarnya adalah sebuah pulau yang terletak hanya beberapa mil di selatan Nagasaki, salah satu dari dua kota yang dibom nuklir pada tahun 1945 oleh Angkatan Darat AS sebelum berakhirnya Perang Dunia II. Bom nuklir di Nagasaki dan Hiroshima bukanlah alasan ditinggalkannya pulau seram ini.

Pulau ini sebenarnya memiliki tambang batu bara raksasa. Oleh karena itu banyak pekerja tambang yang tinggal di sana bersama keluarganya. Pulau ini sebenarnya memiliki sekitar 5.000 penduduk menjelang akhir masa aktifnya yang menjadikan pulau ini salah satu tempat terpadat per meter persegi di dunia.

Namun, pulau ini ditinggalkan pada tahun 1974 setelah aktif dan dihuni selama hampir satu abad, karena penutupan tambang batu bara. Pulau ini jelas tidak diperlukan lagi setelah itu dan sekarang menjadi “pulau hantu” yang menyeramkan.

Kolmanskop

Kolmanskop

Photo :

Kolmanskop adalah kota pencuci mulut kecil di selatan Namibia. Ini adalah objek wisata yang sangat populer dan mungkin akan lebih populer lagi jika tidak terletak di tengah gurun. Kolmanskop saat ini menjadi kawasan rumah-rumah yang terkubur pasir dan mobil-mobil tua yang terlihat meledak.

Zacharias Lewala adalah seorang pekerja kereta api di Namibia. Saat bekerja di daerah tempat Kolmanskop kemudian didirikan, ia menemukan sebuah batu yang diyakininya adalah berlian. Hal ini tentu saja membuat banyak orang penasaran dan banyak yang ingin mencari berliannya sendiri. Orang-orang mulai pindah ke daerah tersebut dan menciptakan masyarakat kecil. Bersama-sama mereka dikenal sebagai “Kolmanskop”. Ketika penjualan berlian menurun setelah Perang Dunia Pertama, kota itu ditinggalkan.

Ağdam

Agdam

Photo :
  • Instagram

Perhatikan bahwa hampir semua daerah yang terlihat seperti tanah tandus telah ditinggalkan dan untuk sesuatu yang ditinggalkan pasti ada yang tinggal di sana. Ağdam, adalah sebuah kota yang terletak di Azerbaijan. Ini adalah kota terbengkalai terbesar dalam daftar ini dan diyakini sebagai kota terbengkalai terbesar di dunia.

Ağdam dulunya memiliki populasi sekitar 150.000 orang. Ini mungkin terlihat seperti kota tua dan kuno jika Anda melihat gambarnya, tapi belum lama berselang kota ini ditinggalkan.

Selama Perang Nagorno-Karabakh pada tahun 1990-an, orang-orang meninggalkan daerah tersebut dan meninggalkan kota tersebut dalam reruntuhan. Saat ini kota tersebut benar-benar menjadi kota hantu, meskipun beberapa sumber mengatakan ada beberapa orang yang masih tinggal di kota tersebut. Sekalipun kota ini kosong dan terbengkalai, kota ini tetap terwakili di Liga Utama Azerbaijan. Namun para pemain sepak bola yang bermain untuk tim tidak tinggal di kota.

Pripyat

Lahan Pripyat

Photo :
  • Instagram.com

Pripyat  menduduki puncak daftar daerah terlantar yang paling menakjubkan dan memang demikian adanya. Inilah yang Anda sebut sebagai “kota hantu”. Terletak di Ukraina utara dan merupakan korban kecelakaan Chernobyl tahun 1986. Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar tentang Chernobyl, kota tempat reaktor nuklir meledak dan menyebabkan seluruh wilayah di sekitarnya (termasuk Pripyat), 100% ditinggalkan, artinya sama sekali tidak ada lagi orang yang tinggal di sana.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga sekarang, Pripyat adalah sebuah kota di dekat Chernobyl. Daerah tersebut berpenduduk sekitar 50.000 orang sebelum daerah tersebut menjadi sangat radioaktif akibat ledakan reaktor nuklir. Alasan kami memasukkan Pripyat ke dalam daftar dan bukan Chernobyl adalah karena Pripyat adalah kota yang lebih besar dengan lebih banyak penduduk dan tentunya juga lebih banyak rumah.

Kota ini juga memiliki rumah sakit, sekolah, dan bahkan bianglala. Kota ini tetap tidak berpenghuni sejak tahun 1986 karena tingkat radiasi yang tinggi dan pengunjung harus memakai pelindung terhadap radiasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya