Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Mampukah HarmonyOS Huawei Sejajar dengan Android

Jumat, 11 Juni 2021 | 15:21 WIB
Foto :
  • Huawei Central
HarmonyOS Huawei.

VIVA – Android milik Google punya rival baru. HarmonyOS yang dibangun Huawei mulai dipergunakan di beberapa smartphone, tablet, smartwatch, bahkan peralatan rumah tangga. Sistem operasi (OS) ini dibangun buntut dari sanksi Amerika Serikat (AS) yang memblokir akses Google ke perangkat asal China tersebut.

Huawei mulai melakukan transisi ke HarmonyOS pada tahun lalu yang diawali pada perangkat Internet of Things (IoT). Saat ini mereka telah memiliki banyak mitra untuk sistem operasinya, termasuk raksasa peralatan rumah tangga Midea, pembuat drone DJI, dan pembuat jam Swiss Tissot serta Swatch.

Baca Juga

Lalu, apakah HarmonyOS dapat bersaing dengan Android? Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari terlebih dahulu mengenal HarmonyOS. Harmony atau dikenal sebagai Hongmeng dalam bahasa China adalah sistem operasi yang telah dikerjakan oleh Huawei sejak 2012.

Saat itu sekelompok kecil eksekutif yang dipimpin oleh Pendiri Huawei Ren Zhengfei mengadakan pertemuan tertutup untuk bertukar pikiran tentang cara mengurangi ketergantungan pada Android, menurut situs South Morning China Post, Jumat, 11 Juni 2021.

Photo :
  • Hacker Noon

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler