2013, Penjualan Smartphone Capai 300 Juta

Sumber :

VIVAnews - Menurut laporan terbaru Juniper Research, diramalkan bahwa dalam kurun tahun 2008 hingga 2013, penjualan ponsel pintar akan tumbuh hingga 95 persen per tahunnya. Diperkirakan pula, pada 2013 penjualan perangkat high-end tersebut akan menyentuh angka 300 juta unit secara global.

Berdasarkan analisa pasar Juniper, tingginya permintaan pasar secara global terhadap aplikasi-aplikasi berbasis Web 2.0 berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ponsel pintar di dunia.

"Proses pengembangan ponsel ke arah Internet-centric menjadikannya sebagai komputer mobile yang kini mewabah di sebaginan masyarakat dunia. Ditambah lagi dukungan desain yang canggih, seperti misalnya layar sentuh berukuran besar, menjadikan ponsel pintar memiliki tempat tersendiri di dalam pasar," ujar Andrew Kitson, salah seorang analis Juniper Research, yang dikutip VIVAnews dari Cellular-News, Selasa 3 Februari 2009.

Lebih lanjut, Kitson mengatakan, tren ponsel generasi mendatang diprediksi akan didominasi piranti lunak dan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti aplikasi, fitur, dan kemampuan akses Internet-nya. Perhatian user terhadap piranti keras diperkirakan cenderung berkurang.

Dalam pernyataan yang sama, Juniper juga mengestimasi, pada 2013, dari seluruh ponsel baru yang dirilis, 23 persen di antaranya adalah ponsel pintar, meningkat 10 persen dibandingkan tahun 2008. 

Di samping itu, firma penelitian yang berkantor di Hampshire-Inggris itu menemukan bahwa, pada 2009, sebagian besar raksasa vendor ponsel dunia memproyeksi adanya penurunan pertumbuhan unit ponsel hingga 10 persen, dibandingkan pertumbuhan sekitar lima hingga enam persen dibandingkan tahun 2008. Krisis finansial global masih menjadi alasan utama para vendor.