Rice Cooker Ampuh Sterilkan Masker dari COVID-19

Membersihkan masker bedah dengan rice cooker
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Ada banyak cara berbeda untuk mensterilkan sesuatu, tetapi kebanyakan cara tersebut akan merusak filtrasi atau kesesuaian respirator N95. Kini, menurut sebuah studi baru, multicooker listrik alias penanak listrik juga dapat digunakan untuk membersihkan masker respirator N95 dari virus termasuk COVID-19.

Penelitian di University of Illinois, Urbana-Champaign, menemukan bahwa 50 menit dipanaskan di dalam penanak listrik, seperti penanak nasi atau Panci Instan.

Perangkat tersebut diyakini mampu dekontaminasi masker jenis N95 di bagian dalam dan luar serta tetap mempertahankan filtrasi dan kesesuaiannya.

Hal ini memungkinkan pemakainya untuk dengan aman menggunakan kembali masker tersebut. Dikutip dari laman The Health Site, peneliti menguji kompor atau penanak nasi listrik, sejenis perangkat yang dimiliki banyak orang di dapur mereka.

Baca juga: Wow, Gisel Blak-Blakan Soal Urusan Ranjang

Mereka memverifikasi bahwa satu siklus memasak, yang mempertahankan isi kompor pada sekitar 100 derajat Celcius atau 212 Fahrenheit selama 50 menit, mendekontaminasi masker, di dalam dan di luar, dari 4 kelas virus yang berbeda, termasuk virus corona.

Bahkan, ini lebih efektif dari sinar ultraviolet. Para peneliti membuat video yang mendemonstrasikan metode tersebut.

Mereka mencatat bahwa panasnya harus panas kering, tidak ada air yang ditambahkan ke dalam kompor, suhunya harus dijaga pada 100 derajat Celcius selama 50 menit dan handuk kecil harus menutupi bagian bawah kompor untuk mencegah masuknya bagian mana pun dari respirator kontak langsung dengan elemen pemanas.

Baca juga: Keren! Presiden Marvel Studios Puji Imajinasi Joko Anwar

Namun, beberapa masker dapat ditumpuk agar muat di dalam kompor pada saat bersamaan. Para peneliti melihat potensi metode kompor listrik menjadi berguna bagi petugas kesehatan dan responden pertama, terutama di klinik kecil atau rumah sakit yang tidak memiliki akses ke peralatan sanitasi panas skala besar.

Diketahui, masker respirator N95 adalah standar palìng ampuh sebagai alat pelindung diri yang melindungi pemakainya dari tetesan dan partikel di udara, seperti virus corona yang menyebabkan COVID-19.

Masker kain atau masker bedah melindungi orang lain dari tetesan yang mungkin dikeluarkan oleh pemakainya. Tapi masker respirator melindungi pemakainya dengan menyaring partikel kecil yang mungkin membawa virus.

Baca juga: Bawakan Lagu 'Sewu Siji', Betrand Peto Duet dengan Anak Didi Kempot

Menurut para peneliti, metode sanitasi apa pun harus mampu mendekontaminasi semua permukaan respirator. Tetapi, yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kemanjuran filtrasi dan kesesuaian respirator dengan wajah pemakainya.

Jika tidak, itu tidak akan menawarkan perlindungan yang tepat. Para peneliti berpendapat bahwa panas kering di rice cooker mungkin merupakan metode untuk memenuhi ketiga kriteria.

Ada pun ketga kriteria tersebut antara lain adalah dekontaminasi, filtrasi, dan kesesuaian, tanpa memerlukan persiapan khusus atau meninggalkan residu kimiawi. Metode ini juga dapat diakses secara luas oleh orang-orang di rumah.