Cegah COVID-19, 5 Aktivitas Seru Bisa Dicoba Selama Libur Panjang

BPOM Sidak Parcel Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Libur panjang akan dirasakan masyarakat Indonesia setelah pemerintah menetapkan 28-30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. Libur juga akan bertambah karena tanggal 31 Oktober dan 1 November 2020 merupakan akhir pekan.

Dengan pengalaman yang sebelumnya bahwa libur panjang berdampak pada kenaikan kasus positif penyebaran COVID-19 tingkat nasional. Untuk itu, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan COVID-19, dr. Dewi Nur Aisyah memberikan rekomendasi aktivitas dengan resiko rendah. 

Ada lima rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan oleh masyarakat selama libur panjang yang pertama mengirimkan makanan atau hadiah untuk keluarga tanpa harus bertemu secara langsung. 

"Kita mengirimkan makanan dokter atau hadiah-hadiah kecil terutama untuk keluarga kita mungkin kita kangen dengan saudara kita. Kita kangen dengan ibu kita yang mungkin rumahnya berbeda nah karena kita tidak ingin memberikan resiko kita juga dikirimkan aja nih parcelnya," ucap dr Dewi dalam talkshow 'COVID-19 Dalam Angka: Antisipasi Penyebaran COVID-19 Saat Liburan' di Graha BNPB, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.

Baca juga: Awas COVID-19, Ini Tempat yang Harus Diwaspadai di Libur Panjang

Kedua, jika ingin melakukan acara perayaan atau sekedar kumpul-kumpul bersama dengan teman bisa dilakukan secara virtual dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada. 

"Misalnya atau ada acara acara perayaan ini bisa menggunakan metode virtual ini kita rekomendasikan sekali karena akan jauh lebih efektif juga nggak menghabiskan waktu untuk keluar rumah. Bisa gosip kok, bisa curhat juga sebetulnya memang tapi nggak bisa pegang-pegang aja," ungkap dr Dewi. 

Lalu, untuk keluarga yang tinggal satu rumah bisa menghabiskan waktu untuk berkumpul dan makan bersama. 

"Pastinya ya yang ketiga bisa juga kita makan bareng atau menghabiskan waktu bersama justru dengan keluarga karena kita punya waktu di rumah dengan anak-anak kita yang tinggal serumah sama kita benar-benar kita habiskan waktu dengan mereka," ujarnya. 

Untuk kalian yang suka berbelanja saat libur panjang bisa diganti aktivitas itu dengan belanja online sehingga bisa mengurangi intensitas bertemu dengan orang banyak. 

Terakhir, bisa menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang seru bersama keluarga di rumah. Seperti olahraga bersama atau nonton film favorit keluarga secara bersama-sama. 

"Memudian bisa juga kita nonton nonton TV di rumah bareng-bareng sama keluarga atau olahraga bareng atau kita nonton nonton film yang memang disukain sama anak-anak bareng sama kita juga sama keluarga besar yang memang tinggal di rumah satu rumah," jelasnya.

Jumlah pasien COVID-19 saat ini masih tinggi, maka jangan lupa dan selalu terapkan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19