Foto Ini Perlihatkan Perbedaan Ekstrem Tangan yang Dicuci dan Tidak

Foto perbedaan tangan yang sudah dicuci
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Wabah virus Corona COVID-19 sudah banyak memakan korban di berbagai belahan dunia. Virus yang sudah menewaskan lebih dari 3.000 orang tersebut sampai saat ini masih belum ditemukan pasti vaksinnya.

Sebagai upaya pencegahan, semua orang diminta untuk tidak berjabat tangan ataupun melakukan kontak langsung kepada penderitanya. Selain itu, upaya lain yang juga amat digencarkan adalah rutin untuk mencuci tangan.

Sehubungan dengan itu, beberapa hari lalu beredar luas foto black-light (semacam foto menggunakan sinar ultraviolet) yang memperlihatkan perbedaan tangan yang sudah dicuci menggunakan sabun dengan yang tidak.

Rangkaian foto yang diunggah oleh aktris Kristen Bell menggambarkan telapak tangan yang belum dicuci-dibilas dan digosok sampai 30 detik. Foto tersebut ia dapat dari ibunya yang kemudian langsung diunggah Bell.

"Ibuku mengirim perbandingan tangan yang dicucu. 30 detik dengan sabun!" tulis Bell dalam keterangan foto seperti dikutip laman Independent.

Hasilnya banyak sekali terlihat bakteri dan menempel pada punggung tangan tersebut. Bakteri itu hanya bisa terlihat menggunakan cahara sinar UV dan krim yang bernama Glo-Germ dari foto blacklight ini.

Unggahan tersebut langsung mendapat respons dengan jumlah like 428 ribu orang dan menerima ribuan komentar yang mengatakan ingin menunjukkan foto tersebut kepada orang-orang terdekat sebagai bahan edukasi.

Untuk diketahui, menurut NHS (National Health Service) Inggris, mereka menyarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik atau bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sampai selesai.

Selain itu, NHS juga ikut mengimbau untuk selalu mencuci tangan dengan cara yang tepat dan dengan kriteria waktu seperti sebelum dan sesudah menggunakan toilet, memegang makanan mentah, makan, bersin dan juga batuk.

Laporan: Abdulah Saputra