#TanyaDokter: Bagaimana Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas?

dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum di RS Pondok Indah
Sumber :
  • Dokumentasi RS Pondok Indah

VIVA – Aktivitas tidur yang tidak berkualitas tentu bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan tubuh. Jangan sepelekan, karena kurang tidur bisa menimbulkan penyakit serius. 

Lewat sesi #TanyaDokter, salah satu pembaca VIVA menanyakan soal cara supaya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Pertanyaan tersebut, telah dijawab oleh dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut pembahasannya.  

Baca Juga: Kemenkes Keluarkan Pedoman Terbaru Pencegahan Virus Corona

Tanya: Bagaimana caranya supaya kita bisa mendapat tidur yang berkualitas?

Jawab: Tidur yang berkualitas itu, durasinya sampai dengan 8 jam. Ada enam tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Yang pertama, perhatikan jam tidur kita dan usahakan jam tidur kita ini tepat waktu atau rutin. 

Ke-dua, kita ciptakan tidur dengan kondisi yang nyaman. Misalnya, lampu yang tidak terlalu terang, suara yang tidak terlalu berisik. Kemudian untuk menciptakan suasana lebih relaks bisa menggunakan aromaterapi. Ini bisa membantu agar tidur lebih nyaman. 

Ke-tiga, mengkonsumsi makanan atau minuman yang sifatnya stimulan atau menstimulasi, contohnya makanan yang mengandung kafein atau alkohol, ini bisa menimbulkan masalah gangguan tidur. Sehingga, akan lebih baik dihindari. Ke-empat lakukan olahraga rutin, ini bisa membantu suasana atau sirkulasi tubuh kita lebih baik, sehingga rutinitas tidur juga bisa lebih baik dan bekualitas.

Ke-lima, apabila ada waktu tidur siang, harus kita batasi atau kita kurangi. Ke-enam, hindari stres dan rasa khawatir agar tubuh bisa lebih relaks.