5 Tips agar Bisa Tidur Lebih Berkualitas di Malam Hari 

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.
Sumber :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

VIVA – Tidur malam yang baik sama pentingnya dengan melakukan olahraga teratur dan diet sehat. Penelitian menunjukkan, kurang tidur memiliki efek negatif langsung pada hormon, kinerja olahraga dan fungsi otak. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit. 

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Sebaliknya, tidur yang berkualitas dapat membantu kamu makan lebih sedikit, berolahraga lebih baik dan menjadi lebih sehat. Namun sayangnya, banyak orang yang sulit mendapatkan tidur berkualitas

Jika kamu ingin mengoptimalkan kesehatan atau menurunkan berat badan, tidur nyenyak adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan. Berikut 5 tips agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari, dilansir Healthline, Selasa 22 Maret 2022. 

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Tingkatkan paparan cahaya di siang hari
Sinar matahari atau cahaya terang di siang hari dapat membantu menjaga ritme sirkadian tetap sehat. Ini dapat meningkatkan energi di siang hari serta menjaga kualitas dan durasi tidur di malam hari. Pada orang dengan insomnia, paparan cahaya siang hari juga dapat meningkatkan kualitas serta durasi tidur. 

Berjemur di sinar matahari

Photo :
  • Times of India
Kisah Unik Jenderal TNI Bintang 3 yang Ditunjuk Jadi Pangdam Saat Tertidur Lelap

Kurangi cahaya biru di malam hari
Paparan cahaya di siang hari bermanfaat, tetapi paparan cahaya malam hari memiliki efek sebaliknya. Cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer dalam jumlah besar, dapat berdampak buruk bagi kualitas tidur. 

Jangan konsumsi kafein di sore hari
Dosis tunggal kafein dapat meningkatkan fokus, energi dan kinerja olahraga. Namun ketika dikonsumsi di sore hari, kafein akan merangsang sistem saraf dan menghentikan tubuh dari relaksasi alami di malam hari. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi kafein hingga 6 jam sebelum tidur, secara signifikan dapat memperburuk kualitas tidur. 

Kurangi tidur siang
Tidur siang yang lama atau tidak teratur dapat berdampak buruk pada tidur malam. Tidur di siang hari dapat mengacaukan jam internal, yang berarti kamu mungkin akan kesulitan untuk tidur di malam hari. 

Gunakan tempat tidur dan bantal yang nyaman
Selain lingkungan yang menenangkan, kualitas tempat tidur juga dapat memengaruhi tingkat kenyenyakan tidur kamu. Satu studi melihat manfaat kasur baru selama 28 hari. Para peneliti mengungkapkan, penggunaan kasur baru dapat mengurangi nyeri punggung sebesar 57 persen, nyeri bahu 60 persen dan kekakuan punggung hingga 59 persen. Ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 60 persen. 

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

Sementara kualitas tempat tidur yang buruk, dapat menyebabkan peningkatan nyeri punggung bawah. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk mengganti tempat tidur minimal 5-8 tahun sekali. 

Selain tempat tidur, komponen lainnya seperti sprei hingga selimut tentu tak kalah penting untuk memberikan kenyamanan saat tidur. CEO PT. Internal Tekstil Grup, Irvan Nugraha, mengatakan, PT. Internal Tekstil Grup telah menyediakan sprei, selimut, bed cover, hingga karpet untuk kebutuhan keluarga Indonesia. 

"Saat ini, kami juga telah berkembang hingga memiliki beberapa sub-brand yang telah dikenal dan menjadi favorit masyarakat Indonesia, yaitu  Lady Rose, Vallery Quincy, Internal, Aloha, dan Illusions," kata Irvan dalam keterangannya. 

Dia menambahkan, brand-nya juga telah mendapatkan dukungan dari banyak selebriti populer di Indonesia. Beberapa di antaranya, Sandra Dewi dan Via Vallen yang pernah menjadi brand ambassador untuk Internal Grup, dan Zaskia Gotik yang pernah ikut mempromosikan brand Aloha.

"Tidak hanya ingin memberikan istirahat berkualitas bagi para pelanggan, kami juga memiliki misi untuk memperluas jangkauan dan membawa kebahagiaan di kehidupan para pelanggan setia. Untuk itu, sejak 2021 kemarin, kami telah meluncurkan kampanye #InternalBikinHepi, yang mendorong antusiasme serta membawa kegembiraan sepanjang tahun melalui banyak program yang menarik dan menghibur bagi para pelanggan," kata dia. 

Namun menurut Irvan, program terbesar yang dari kampanye #InternalBikinHepi baru saja dimulai pada 15 Desember 2021. Sebagai penghargaan atas kepercayaan dan antusiasme para pelanggan, Internal Grup meluncurkan program Badai Undian Internal. 

"Melalui program yang berlangsung selama enam bulan hingga 15 Juni 2022 ini, Internal Grup memberikan setiap pelanggannya kesempatan besar untuk memenangkan hadiah bulanan senilai total ratusan juta rupiah," tutur Irvan Nugraha. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya