Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Tak Hanya Tingkatkan Imunitas, Temulawak Ampuh Atasi Stres

Kamis, 26 November 2020 | 17:52 WIB
Foto :
  • Pixabay/ SoFuego
Ilustrasi Temulawak

VIVA â€“ Hingga Rabu 25 November, kasus konfirmasi positif COVID-19 di Tanah Air kembali bertambah. Tercatat ada 5.534 kasus konfirmasi positif, sehingga total kasus konfirmasi positif di Indonesia sudah mencapai 511.836 kasus.

Meningkatnya kasus positif corona membuat masyarakat harus menjaga imunitas mereka. Sebab, jika imunitas kita menurun maka seseorang akan mudah terserang berbagai patogen, bakteri, virus, jamur yang menyebabkan berbagai penyakit.

Baca Juga

"Sistem imun itu adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dalam tubuh. Kalau sistem imun tidak adekuat akan mudah terpapar berbagai virus termasuk corona yang saat ini ada," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, Msi dalam virtual conference, Kamis, 26 November 2020.

Untuk mempertahankan sistem imun, masyarakat dapat mengelola pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat cukup, olahraga teratur hingga mengelola stres. Selain itu, mengonsumsi herbal seperti jahe merah, kunyit, temulawak juga dapat membantu memelihara sistem imunitas. Sebab, ketiganya bersifat imunostimulasi, yakni suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun terhadap penyakit atau infeksi.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler