5 Olahraga Ini Disebut Tidak Efektif Turunkan BB

berat badan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Olahraga menjadi salah satu kunci untuk menjaga kebugaran tubuh termasuk bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Berbagai jenis olahraga pun dapat dipilih masyarakat untuk membakar kalori mereka. 

Tetapi, Anda harus sedikit berhati-hati dalam memilih olahraga untuk menurunkan berat badan lebih cepat.  Kita semua tahu bahwa untuk menurunkan berat badan seseorang harus membakar kalori. Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin banyak berat badan yang akan Anda turunkan.  

Hal itu hanya dapat dicapai dengan melakukan latihan intensitas tinggi, di mana tubuh harus bekerja lebih keras dan mendorong batasnya. Beberapa latihan sangat cocok dengan kriteria ini, sementara beberapa mungkin tidak seefektif itu.

Berikut lima olahraga yang mungkin tidak membantu Anda membakar banyak kalori saat berencana menurunkan berat badan seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Yoga

Melakukan yoga setiap hari dapat membuat Anda lebih fleksibel, menenangkan pikiran, dan membantu Anda rileks. Tetapi yoga mungkin tidak begitu efektif dalam menurunkan berat badan.  

Yoga adalah aktivitas berdampak rendah, di mana Anda harus menahan setiap pose selama beberapa detik untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.  Anda tidak membakar kalori sebanyak itu dengan melakukan yoga tradisional.  Namun, Anda dapat mencoba Bikram yoga atau Vinyasa Yoga untuk menurunkan berat badan.

2. Barre

Barre diprogram untuk memaksimalkan kekuatan otot dan meningkatkan keseimbangan Anda. Namun itu saja tidak dapat membantu untuk menurunkan berat badan seperti seseorang tidak dapat menurunkan berat badan hanya dengan melakukan latihan kekuatan. Selain barre, Anda juga harus melakukan beberapa latihan kardio seperti lari dan bersepeda untuk menurunkan berat badan.

3. Crossfit

Crossfit memiliki banyak manfaat kesehatan tetapi bukan olahraga yang ideal untuk pemula. Jika Anda sudah mulai berolahraga untuk menurunkan berat badan maka melakukan latihan CrossFit bisa mengakibatkan cedera.  

Olahraga ini cukup intens dan Anda harus menambahkannya ke dalam rutinitas olahraga hanya jika Anda bugar, aktif, dan atletis.  Jangan mencobanya jika tubuh tidak dalam kondisi prima.

4. Bersepeda dalam ruangan

Jika Anda baru dalam dunia fitnes maka gerakan agresif dapat meningkatkan risiko cedera bahkan dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot. Olahraga jenis ini akan menyebabkan kekecewaan dan akan menyabotase tujuan penurunan berat badan Anda.

5. Jogging

Jogging adalah olahraga kardiovaskular yang dapat membantu mencegah masalah jantung kronis, menjaga tekanan darah tetap terkendali, dan mengangkat suasana hati. Tapi jogging tidak cukup berat yang dibutuhkan untuk membakar banyak kalori. Sprint dan lari adalah pilihan yang lebih baik untuk menurunkan berat badan.