Diet Mediterania Memotong Peluang Perempuan Kena Diabetes

Diet mediterania
Sumber :
  • webmd

VIVA – Perempuan kelebihan berat badan yang mengikuti pola makanan seperti Mediterania dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 sebesar 30%, dibandingkan dengan yang tidak, sebuah studi baru menunjukkan.

Diet Mediterania kaya akan minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sebelumnya, ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kondisi lainnya.

"Temuan studi ini sangat masuk akal," kata Dr. Minisha Sood, ahli endokrinologi di Lenox Hill Hospital, New York City dilansir dari webmd.

"Ini memberikan data jangka panjang yang unik dan mendukung gagasan 'diet iseng' bukanlah peluru ajaib. Memiliki inti dari pendekatan diet seseorang berdasarkan prinsip diet Mediterania selama beberapa dekade mungkin sangat membantu dalam mengurangi risiko keseluruhan seseorang untuk diabetes tipe 2," tambah Sood, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Peneliti mengumpulkan data lebih dari 25.000 peserta dalam Studi Kesehatan Wanita di Amerika Serikat, yang diikuti petugas kesehatan selama lebih dari 20 tahun. Selama waktu itu, lebih dari 2.300 wanita ini mengembangkan diabetes tipe 2.

Mereka yang mengonsumsi lebih banyak diet gaya Mediterania pada awal studi mengembangkan diabetes pada tingkat 30% lebih rendah daripada perempuan yang makan lebih sedikit diet Mediterania, para peneliti menemukan. Tetapi hanya perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas yang menunjukkan penurunan risiko ini.

"Temuan kami mendukung gagasan bahwa dengan memperbaiki pola makan, orang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di masa depan, terutama jika mereka kelebihan berat badan atau mengalami obesitas," kata penulis studi Dr. Samia Mora, dari Divisi Pengobatan Pencegahan Rumah Sakit Wanita Brigham dan Rumah Sakit Wanita. di Boston.

"Banyak manfaat yang kami lihat dapat dijelaskan hanya melalui beberapa jalur. Dan penting untuk dicatat bahwa banyak dari perubahan ini tidak langsung terjadi. Meskipun metabolisme dapat berubah dalam waktu singkat, penelitian kami menunjukkan bahwa ada adalah perubahan jangka panjang yang terjadi yang dapat memberikan perlindungan selama beberapa dekade, "kata Mora dalam rilis berita rumah sakit.

Tim peneliti mengukur berbagai penanda, termasuk kolesterol, lipoprotein (molekul yang mengemas dan mengangkut lemak dan protein) dan resistensi insulin.

Penanda yang terkait dengan resistensi insulin merupakan penyumbang terbesar untuk menurunkan risiko, diikuti oleh penanda indeks massa tubuh, lipoprotein densitas tinggi, dan inflamasi.

Kandungan serat tinggi

Sood menambahkan, kandungan serat dari diet Mediterania lebih tinggi daripada diet standar Barat, dan tidak mengherankan bahwa penanda resistensi insulin - sebuah indikator diabetes - lebih rendah pada mereka yang mengikuti pendekatan kaya tumbuhan.

Dr. Shuchie Jaggi adalah dokter yang merawat di Northwell Health di Great Neck, NY menyebutkan, "Ukuran sampel yang besar [lebih dari 25.000 subjek] dan hingga 25 tahun tindak lanjut subjek membuat penelitian ini lebih bermakna bagi wanita di atas 50 tahun yang berisiko terkena diabetes di negara-negara Barat," kata dia.

Jaggi dan Sood mencatat beberapa batasan. Diet hanya dilaporkan sendiri pada awal penelitian, dan peserta penelitian tidak beragam.

"Subjek termasuk dalam kelompok tertentu wanita kulit putih Amerika terpelajar yang melaporkan diabetes sendiri, sehingga kurang berlaku untuk etnis lain," kata Jaggi, yang tidak memiliki peran dalam penelitian tersebut.

Namun, Jaggi mengatakan, "Meskipun penelitian ini bukan uji klinis acak, penelitian ini memberikan informasi kepada dokter bahwa konsumsi yang lebih tinggi dari diet Mediterania telah meningkatkan hasil kardiovaskular jangka panjang."

Laporan tersebut dipublikasikan secara online pada 19 November di jurnal JAMA Network Open.