Wisata Kuliner Jadi Pilihan Generasi Milenial

Ilustrasi sajian kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam beberapa tahun belakangan, banyak survei menyebutkan bahwa generasi milenial lebih suka menghabiskan waktu untuk berlibur dan mengunjungi tempat baru. Tidak hanya itu, dalam berlibur, kini banyak dari mereka yang juga menyukai tantangan untuk mengeksplorasi makanan dari suatu daerah. 

"Generasi milenial adalah generasi yang menyukai tantangan dan ekplorasi yang lebih jauh tentang suatu makanan.  Mereka merencanakan sebuah perjalanan yang dapat mencakup petualangan tentang kuliner tersebut," kata Beby Vinny Mulyadi, founder Pelangi Benua, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 17 September 2018. 

Ia juga memaparkan, dalam survei yang dilakukan oleh UNWTO terhadap sejumlah responden, 87 persen menganggap bahwa kuliner merupakan elemen yang penting dalam sebuah perjalanan wisata. 

"Lewat makanan para travelers akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman budaya yang unik dari tempat yang mereka datangi," kata Beby. 

Hal serupa juga dikemukakan oleh Santhi Serad, Chief of Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI). Menurutnya tur kuliner bukan sekadar makan enak, tetapi juga mengenal citarasa budaya bangsa.

 "Kurang lengkap rasanya merasakan makanan indonesia hanya dari rasanya saja. Sementara makanan itu dilahirkan dari background kebudayaan yang kuat dan dalam,"kata dia. 

Oleh karena itu, Beby mengatakan, penting untuk terus menggali kekayaan kuliner suatu budaya dari suatu destinasi. Ini karena kuliner bukan hanya soal rasa, tapi juga adat istiadat dari suatu masyarakat.