Ketahui Aturan Penting Konsumsi Buah

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :

VIVAlife – Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah adalah makanan sehat. Kita semua tahu  bahwa buah-buahan mengandung banyak vitamin, serat, potasium dan folat yang bisa membantu tubuh mencegah terserang penyakit. Selain itu, konsumsi buah bisa mengurangi risiko penyakit jantung, stroke serta tekanan darah tinggi.

Tapi, jika dimakan sembarangan, buah justru bisa jadi bumerang bagi kesehatan.

Mengutip laman Mind Body Green, konsumsi buah dengan cara yang benar akan memperlancar pencernaan dan memberi tubuh lebih banyak energi.

Sebaliknya, jika dimakan sembarangan, sifat asam pada buah bisa memicu produksi gas pada saluran pencernaan dan membuat kembung atau diare.

Lalu apa saja aturan yang mesti ditaati dalam mengonsumsi buah? Berikut daftarnya:

Konsumsi buah saat perut kosong

Mengudap buah setelah makan adalah kebiasaan yang salah. Pasalnya, buah lebih cepat membusuk dan terfermentasi dalam usus, akibatnya Anda merasa begah dan perut terasanya tidak nyaman. Jika dibiarkan berkepanjangan, ini bisa menimbulkan permasalahan pencernaan serius. Ketika buah dimakan saat perut kosong, saluran pencernaan akan bekerja dengan efisien dalam menyerap vitamin dan mineral dalam buah.

Konsumsi buah di pagi hari

Lebih baik, konsumsi buah saat pagi hari, ketika perut dalam keadaan kosong atau sekiatr 2 jam menjelang makan siang. Siapkan apel atau pisang agar Anda kenyang lebih lama.

Hindari makan buah sebelum tidur

Meskipun sedikit, buah masih mengandung gula yang bisa memporak-porandakan sistem pencernaan. Akibatnya, Anda merasa terjaga karena asupan energi baru yang diberikan buah.

Kurangi susu dan santan pada buah

Bagi Anda penggemar jus dan smoothie, jangan terlalu banyak memasukkan susu atau santan dalam jus Anda. Pasalnya, susu dan santan bisa mengganggu pencernaan. Pun dengan gula. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jus buah murni, ketimbang yang sudah dicampur susu dan gula.

Jangan terlalu banyak konsumsi manisan buah

Kendati terbuat dari buah-buahan, ingat manisan mengandung banyak gula dan zat pengawet. Jadikan manisan buah sebagai camilan sesekali dan makanlah dalam porsi kecil.