Bunda, Begini Cara Tepat Kenalkan Makanan Baru pada Si Kecil

Ilustrasi anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/vikvarga

VIVA – Memberi menu makanan baru pada si kecil, bukan hal yang mudah dijalani oleh orangtua. Namun, memperkenalkan jenis makanan baru pada anak sudah menjadi sebuah keharusan.

Kewajiban orangtua pada anak, salah satunya dengan menentukan menu dan preferensi makanan pada anak. Hal tersebut sudah harus dilakukan sejak dini untuk mencegah anak menjadi picky eaters atau pun terlalu lama menjadi picky eaters.

"Menyelipkan menu tidak favorit atau menu baru yang kadang wajib dikonsumsi serta memberi menu bervariasi dan menyenangkan pada anak, memang sudah menjadi tugas orangtua sejak awal mengenalkan makanan pada anak," ujar Psikologi, Tari Sandjojo, Psi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dikatakan Tari, orangtua harus mampu bersabar saat mengenalkan beragam makanan baru pada anak. Sabar di sini berarti mencari cara yang tepat.

"Kewajiban orangtua yaitu menentukan waktu makan yang tepat pada anak. Disertai dengan mengenalkan menu baru di waktu yang berbeda-beda. Itu harus sabar mengenalkannya," ujar dia.

Tak hanya itu, kebanyakan orangtua memberi makanan pada anak dalam satu porsi piring yang memiliki ragam varian makanan. Padahal, lanjut Tari, ada baiknya untuk memisahkan beragam makanan di piring yang berbeda agar memahami menu makanan yang disukainya.

"Coba pisahkan menu makanannya. Nah, saat tahu anak enggak suka menu tertentu, cari menu preferensi lain yang kandungan gizinya sama," tutupnya.

(je)